Share

Simak! Ini Tata Cara Umrah Sesuai Sunnah, Jangan Sampai Ada yang Terlewat

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 616 2700831 simak-ini-tata-cara-umrah-sesuai-sunnah-jangan-sampai-ada-yang-terlewat-RaU0kdBaYA.jpg Ilustrasi tata cara umrah sesuai sunnah. (Foto: Shutterstock)

TATA cara umrah sesuai sunnah sangat penting diketahui kaum Muslimin. Tujuannya agar tidak ada rukun-rukun yang terlewat. Lalu tentunya juga menjalankan sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam serta meraih pahala melimpah dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Adapun umrah adalah ibadah berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan thawaf, sa'i, dan mencukur atau menggunting rambut (tahallul) karena Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini tentunya semata-mata mengharap ridho-Nya.

Hukum ibadah haji dan umrah adalah wajib bagi yang mampu. Kemudian kewajibannya dilaksanakan sekali seumur hidup.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Jumat Berkah 4 November 2022M/9 Rabiul Akhir 1444H 

Syarat Wajib Haji dan Umrah

1. Islam

2. Baligh (dewasa)

3. Berakal sehat

4. Merdeka (bukan budak)

5. Istita'ah (mampu)

Setiap orang yang belum memenuhi syarat-syarat tersebut belum wajib menunaikan ibadah haji atau umrah.

Berikut tata cara umrah sesuai sunnah, sebagaimana dirangkum dari Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Jumat (4/11/2022).

BACA JUGA:Selain Sholat Khusuf, Kemenag Ajak Perbanyak Dzikir, Istighfar, Sedekah saat Gerhana Bulan Total 

Rukun Umrah

1. Ihram (niat)

Ihram adalah niat masuk (mengerjakan) dalam ibadah haji atau umrah dengan menghindari hal-hal yang dilarang selama berihram.

2. Thawaf

Thawaf adalah mengelilingi Kakbah sebanyak 7 (tujuh) kali putaran dengan berjalan kaki. Bangunan Kakbah selalu berada di sebelah kiri, dimulai dan diakhiri pada arah sejajar dengan Hajar Aswad.

Bagi jamaah yang uzur boleh menggunakan kursi roda dan thawaf-nya dilakukan di lantai 2, 3, dan 4. Bisa juga menaiki skuter matik yang tersedia di tempat khusus di lantai 3.

3. Sa'i

Sa'i ialah berjalan dimulai dari Bukit Safa ke Bukit Marwah dan sebaliknya sebanyak 7 (tujuh) kali perjalanan, berakhir di Bukit Marwah. Perjalanan dari Bukit Safa ke Bukit Marwah dihitung satu kali dan juga dari Bukit Marwah ke Safa dihitung satu kali.

Bagi yang uzur boleh menggunakan kursi roda yang sa'i-nya dilakukan di lantai 2, 3, dan 4. Dapat juga memakai skuter matik yang tersedia di tempat khusus di lantai 3. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Bercukur

Hal yang harus dikerjakan setelah selesai melakukan sa'i adalah mencukur atau memotong rambut (tahallul). Semua sa'i diakhiri dengan cukur, kecuali:

- Jamaah haji ifrad atau qiran yang memilih melakukan sa'i setelah tawaf qudum, sebab saat itu dia masih dalam keadaan ihram dan berlaku semua larangan ihram.

- Jamaah haji yang melakukan sa'i setelah tawaf ifadhah, apabila sudah bercukur pada saat di Mina (sudah tahallul awwal).

5. Tertib

Apabila meninggalkan salah satu rukun umrah, maka umrahnya tidak sah.

Ada juga tata cara umrah dengan memperbanyak amalan sunah sebelum ihram, yakni:

1. Mandi

2. Memakai wangi-wangian di tubuh

3. Memotong kuku, merapikan jenggot, rambut ketiak, dan bulu kemaluan

4. Memakai kain ihram berwarna putih

5. Sholat sunnah ihram dua rakaat

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini