Share

Umrah, Ayu Dewi Bagikan Momen Sholat di Masjid Quba yang Dibangun Rasulullah

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 07 November 2022 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 614 2702271 umrah-ayu-dewi-bagikan-momen-sholat-di-masjid-quba-yang-dibangun-rasulullah-W02N6QvnCE.jpg Artis Ayu Dewi membagikan momen berkunjung ke Masjid Quba saat umrah. (Foto: Instagram @mrsayudewi)

ARTIS cantik Ayu Dewi baru-baru ini membagikan momen saat dirinya tengah berada di kota suci Makkah. Ia menjalankan ibadah umrah bersama sang suami Regi Datau. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Masjid Quba

Melalui unggahan di akun Instagram-nya, Ayu Dewi membagikan sebuah video reels saat dirinya menikmati pemandangan di sekitar Masjid Quba yang sangat bersejarah tersebut.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Awal Pekan Ini Senin 7 November 2022M/12 Rabiul Akhir 1444H 

Ayu Dewi dan suaminya Regi Datau di Masjid Nabawi saat umrah. (Foto: Instagram @mrsayudewi)

Ayu Dewi yang mengenakan gamis coklat hitam dan hijab syari berwarna hitam tampak berlari-lari kecil bersama gerombolan burung-burung yang bertengger di sekitar halaman Masjid Quba. Burung-burung itu pun berterbangan ketika Ayu Dewi menghampiri mereka.

Tidak hanya menikmati pemandangan sekitar, Ayu Dewi juga melalukan ibadah sholat di Masjid Quba. Dalam keterangan unggahan tersebut, ibu dua anak ini mengaku bahagia akhirnya bisa menginjakkan kaki di masjid pertama yang dibangun Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam itu.

"Alhamdulillah kembali ke Masjid Quba. Sholat di sini di masjid yang pertama kali dibangun Baginda Rasullah Shallallahu alaihi wassallam ketika hijrah dari Makkah ke Madinah. Bahagia hati. Masya Allah," tulis Ayu Dewi dalam keterangan unggahannya tersebut, Ahad 6 November 2022.

BACA JUGA:Sejarah Masjid Quba di Madinah, Dibangun Rasulullah hingga Awal Mulanya Sholat Berjamaah 

Sebagaimana diketahui, Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tepatnya pada tahun 1 Hijriyah di wilayah Quba.

Masjid ini memiliki pesona keindahan dan nilai sejarah yang penting dalam tarikh Islam, sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Masjid Quba menjadi titik awal sejarah kemasjidan dalam Islam. Bangunan ini berada di tepi Kota Madinah di kawasan perkampungan yang dinamai Quba, sekira 5 kilometer ke arah selatan Masjid Nabawi.

Dalam Alquran disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketakwaan Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At-Taubah (9): 108) 

Masjid Quba di Madinah. (Foto : Okezone.com/Widi Agustian)

Pesona keindahan Masjid Quba mampu memikat ribuan pengunjung setiap harinya. Selain memiliki nilai sejarah, masjid ini juga memiliki keistimewaan dan keutamaan yang bisa dijadikan amalan untuk menambah keimanan dan ketakwaan umat Islam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Bagi jamaah haji Indonesia atau pengunjung lainnya yang berada di sana, biasanya akan melaksanakan sholat dua rakaat dan menikmati keindahan bangunan yang penuh sejarah itu.

Hal ini dikarenakan Masjid Quba memiliki keutamaan bagi orang yang sholat di dalamnya. Di antaranya sholat di dalamnya bernilai seperti pahala umrah. Hal ini sesuai sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

"Barang siapa yang keluar dari rumahnya kemudian mendatangi masjid ini, yakni Masjid Quba kemudian sholat di dalamnya, maka pahalanya seperti ia menjalankan umrah." (Ibnu Majah)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini