Share

Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza Palestina Rancangan Ridwan Kamil Selesai Dibangun, Ini Penampakannya

Agung Bakti Sarasa, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 615 2707999 masjid-syaikh-ajlin-di-gaza-palestina-rancangan-ridwan-kamil-selesai-dibangun-ini-penampakannya-5VdJwPuvJI.jpg Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza Palestina rancangan Ridwan Kamil telah selesai dibangun. (Foto: Instagram @ridwankamil)

MASJID Syaikh 'Ajlin di Gaza Palestina yang dirancang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah selesai dibangun. Pembangunan masjid ini dilakukan sejak 2018.

Masjid yang dibangun ulang setelah hancur karena peperangan di Gaza, Palestina, itu kini kembali berdiri megah. Masjid tiga lantai dengan desain futuristik tersebut diharapkan menjadi kebanggaan warga Palestina.

BACA JUGA:Unik, Karpet Masjid Sheikh Zayed Solo Bermotif Batik Khas Indonesia 

Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza Palestina rancangan Ridwan Kamil telah selesai dibangun. (Foto: Instagram @ridwankamil)

Kabar rampungnya pembangunan Masjid Syaikh 'Ajlin dibagikan Ridwan Kamil melalui akun Instagram-nya @ridwankamil. Selain membagikan potret masjid dari kejauhan, gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga membagikan foto-foto di dalam ruangan masjid.

"Masjid Gaza Palestina yang merupakan donasi ribuan warga Indonesia dan desainnya saya rancang di tahun 2018 akhirnya rampung," tulis Kang Emil dalam keterangan unggahannya itu.

BACA JUGA:Usai Diresmikan, Masjid Sheikh Zayed Solo Akan Dikelola secara Profesional 

Keberadaan Masjid Syaikh 'Ajlin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza setelah masjid sebelumnya hancur akibat serangan tentara Israel pada 2014.

Desain masjid tersebut menggabungkan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam. Sebelumnya Kang Emil yang memang sudah terbiasa merancang masjid mengakui bahwa merancang Masjid Syaikh 'Ajlin bukan perkara mudah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Pasalnya, dia juga harus berjuang dengan urusan emosional karena pembangunan masjid ini bisa menjadi sejarah baru bagi hubungan Indonesia-Palestina.

"Semoga masjid ini bisa menjadi kebanggaan warga Palestina dan menguatkan persaudaraan abadi bangsa Indonesia dan bangsa Palestina," ungkap Kang Emil masih dalam keterangan unggahannya itu.

Masjid yang dibangun di tepi pantai itu dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan antara hubungan seorang Muslim dengan Allah Subhanahu wa ta'ala dan manusia dengan alam.

Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik dan menyerupai bentuk bambu runcing. Soal rancangan yang futuristik, Kang Emil juga menyebut bahwa hal itu merupakan keinginan warga Palestina.

"Dalam proses komunikasi masyarakat Gaza diberi 5 pilihan, dari model gaya Arab berkubah tradisional sampai yang futuristik seperti ini. Ternyata hasil musyawarahnya mereka memilih yang futuristik," jelas Kang Emil. 

Sebelumnya Direktur Aman Palestina Indonesia Miftahuddin Kemal menjelaskan Masjid Syaikh 'Ajlin mulai dibangun 1957 silam di perkampungan Syaikh 'Ajlin yang berada di tepi pantai.

Masjid tersebut sempat direnovasi beberapa kali. Namun pada 2014, masjid itu hancur lebur akibat serangan Israel.

"Nama masjid dinisbatkan kepada tokoh mujahiddin, ahli syariah, alim ulama, dan ahli tassawuf. Bayangkan ketika masjid tersebut hancur lebur oleh Israel, orang-orang salat di tenda darurat, mereka juga sholat di bawah pasir pantai di bawah terik matahari dan di bawah guyuran hujan," terangnya.

"Jadi pengakuan dari warga Kampung Syaikh 'Ajlin, masjid ini dipenuhi jamaah yang sampai jumlahnya ribuan saat musim panas. Masjid ini kebanggan bangsa Indonesia," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini