Share

7 Fakta Menarik IQ Bocah Muslim Yusuf Shah Kalahkan Albert Einstein, Terungkap Cara Belajarnya

Putra Tangguh Salsabil, Jurnalis · Rabu 16 November 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 614 2708798 7-fakta-menarik-iq-bocah-muslim-yusuf-shah-kalahkan-albert-einstein-terungkap-cara-belajarnya-DT3jzFT545.jpg Fakta-fakta menarik IQ bocah muslim Yusuf Shah (11) mengalahkan Albert Einstein dan Stephen Hawking. (Foto: Istimewa/Yorkshire Post/SWNS/Nypost)

BOCAH Muslim berusia 11 tahun asal Kota Leeds, Inggris, bernama Yusuf Shah menarik perhatian publik dunia. Pasalnya, ia memiliki IQ lebih tinggi dari tokoh-tokoh genius dunia seperti Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Lalu ternyata ada fakta-fakta menarik lainnya di balik keistimewaan bocah Muslim Yusuf Shah. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

BACA JUGA:Viral IQ Bocah Muslim 11 Tahun Kalahkan Albert Einstein dan Stephen Hawking  

Viral IQ bocah muslim Yusuf Shah (11) mengalahkan Albert Einstein dan Stephen Hawking. (Foto: Istimewa/Yorkshire Post/SWNS/Nypost)

1. Nama Yusuf Shah masih asing terdengar

Nama Yusuf Shah mungkin masih asing terdengar di telinga publik dunia. Tapi siapa sangka, ia merupakan bocah yang memiliki IQ lebih tinggi dari Albert Einstein dan Stephen Hawking, apalagi di usianya yang baru 11 tahun.

IQ atau intelligence quotient merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk kemampuan seseorang dalam merencanakan, memecahkan masalah, daya tangkap, belajar hal baru, memahami sebuah gagasan, hingga berpikir abstrak. Kemampuan IQ bisa diukur dengan mengikuti tes.

2. Siswa kelas VI

Yusuf Shah merupakan siswa kelas VI dari Kota Leeds di Inggris. Banyak orang di sekolah Yusuf yang menganggap dirinya sangat pintar. Oleh karena itu, ia penasaran dan ingin mencoba apakah termasuk orang yang memiliki IQ tinggi. Akhirnya Yusuf mengikuti tes MENSA.

"Semua orang di sekolah menganggap saya sangat pintar, dan saya selalu ingin tahu apakah saya berada di 2 persen teratas dari orang yang mengikuti tes," ucap Yusuf, dikutip dari Nypost, Rabu (16/11/2022).

BACA JUGA:10 Fakta Menarik Muslim dan Piala Dunia, Nomor 2 Prestasi Timnas Indonesia 

3. Mengikuti tes untuk orang memiliki IQ tinggi

Yusuf mengikuti tes MENSA yang merupakan sebuah organisasi bagi orang-orang yang memiliki IQ tertinggi di dunia. Hanya 2 persen dari mereka yang mengikuti tes yang terpilih. Yusuf pun makin penasaran akan hal itu.

"Saya selalu ingin tahu apakah saya termasuk 2 persen dari orang-orang yang mengikuti tes," ujarnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Tes bersama orang-orang dewasa

Ketika mengikuti tes, Yusuf dikelilingi oleh orang-orang dewasa. Akan tetapi itu tidak menghentikan rasa penasarannya. Sang ibu sempat khawatir karena Yusuf bisa terintimidasi oleh peserta lain.

"Saya sebenarnya sedikit khawatir. Dia selalu pergi ke aula yang penuh dengan anak-anak untuk mengikuti tes. Kami pikir dia mungkin terintimidasi oleh orang dewasa di pusat tes. Tapi dia melakukannya dengan cemerlang," kata Sana, ibunda Yusuf.

5. Skor tes IQ mengalahkan Albert Einstein

Dilansir laman Arabnews, akhirnya hasil tes pun diumumkan. Ternyata Yusuf menjadi peserta dengan IQ tertinggi. Ia mendapat IQ dengan skor 162.

Sedangkan Albert Einstein dan Stephen Hawking memiliki skor 160. Dari skor tersebut membuktikan bahwa Yusuf Shah berhasil melampaui dua orang terpintar di dunia itu.

6. Cara belajar Yusuf

Yusuf mengakui bahwa saat tidak belajar, suka merangsang otaknya untuk berpikir. Misalnya, bermain teka-teki sudoku atau kubus rubik dengan bermacam-macam tipe.

7. Mimpi Yusuf 

Yusuf Shah juga memiliki mimpi untuk bisa masuk Universitas Cambridge atau Oxford, dan belajar di jurusan matematika. Allahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini