Share

4 Masjid Bersejarah dan Indah di Solo, Ada yang Perpaduan Jawa Eropa

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 615 2719809 4-masjid-bersejarah-dan-indah-di-solo-ada-yang-perpaduan-jawa-eropa-fG4VaCiq8X.jpg Masjid Al Wustho Mangkunegaran salah satu masjid bersejarah dan indah di Kota Solo. (Foto: Istimewa/puromangkunegaran.com)

BANYAK masjid bersejarah dan indah di Indonesia. Beberapa di antaranya terdapat di Kota Solo atau Surakarta, Jawa Tengah. Masjid-masjid tersebut memiliki nuansa religi yang begitu menawan serta juga legendaris.

Menginjakan kaki di Kota Solo, kaum Muslimin tidak akan hanya disuguhkan wisata budaya ataupun kuliner yang lezat. Masjid-masjid bersejarah nan indah yang berdiri kukuh di sana juga siap membuat siapa pun betah menikmatinya.

Berikut ini deretan masjid legendaris yang bersejarah dan indah di Kota Solo, sebagaimana telah MNC Portal himpun: 

BACA JUGA:Unik, Karpet Masjid Sheikh Zayed Solo Bermotif Batik Khas Indonesia  

 

1. Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Masjid legendaris di Solo ada Masjid Al Wustho Mangkunegaran. Mulanya masjid ini bernama Masjid Mangkunegaran atau Masjid Negara. Dahulu lokasi masjid ini berada di Kauman, Pasar Legi.

Pembangunan Masjid Al Wustho diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegara I pada tahun 1725–1795. Tetapi ketika masa kepemimpinan berganti menjadi KGPAA Mangkunegara II, masjid dipindahkan menjadi lebih dekat dengan Puro Mangkunegaran.

Masjid Al Wustho Mangkunegaran mengalami pembangunan secara modern di era KGPAA Mangkunegara VII. Demi mendapatkan hasil memuaskan, pihak Mangkunegara sampai menggandeng arsitek Belanda bernama Herman Thomas.

Paduan bangunan masjid benar-benar indah lantaran menggabungkan unsur Jawa yang terselip arsitektur Eropa. 

BACA JUGA:Foto-Foto Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo yang Baru Saja Diresmikan, Sangat Megah dan Indah! 

2. Masjid Agung Keraton Surakarta

Masjid bersejarah di Kota Solo ada Masjid Agung Keraton Surakarta. Sunan Pakubuwono III menjadi sosok di balik pembangunan masjid indah ini.

Pembangunan dimulai tahun 1763 dan berakhir pada 1768. Sejarah didirikannya Masjid Agung Keraton Surakarta dapat dilihat dari prasasti di dinding luar.

Dahulu, tepatnya pada masa pra-kemerdekaan, Masjid Agung Keraton Surakarta berperan sebagai lokasi penyebaran agama Islam. Masjid ini juga biasa digunakan untuk acara keagamaan anggota keraton, mulai dari sekaten, maulid Nabi, dan grebeg. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

3. Masjid Laweyan

Sebelum Masjid Agung Surakarta dibangun, ada masjid legendaris di Solo yang sudah lebih dulu berdiri. Bangunan kuno itu bernama Masjid Laweyan. Dibangun pada masa Sultan Hadiwijaya pada tahun 1546, masjid ini disebut-sebut sebagai yang tertua di Solo atau Surakarta.

Faktanya, dahulu bangunan ini bukanlah masjid untuk melakukan ibadah sholat. Melainkan, sempat dipakai untuk sembahyang agama Hindu di Jawa, di bawah pengaruh Ki Ageng Beluk.

Sampai pada suatu ketika Ki Ageng Beluk bertemu tokoh Islam bernama Ki Ageng Henis. Bangunan ini pun diserahkan kepada Ki Ageng Henis dan fungsinya pun seketika berubah menjadi tempat ibadah umat Islam.

4. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Belakangan ini Kota Solo mencuri perhatian lewat masjid baru bernama Masjid Sheikh Zayed Solo. Masjid satu ini tampaknya kelak bakal menjadi salah satu masjid legendaris di Solo.

Mengingat pembangunan masjid ini terbilang sangat spesial. Bangunan megah dan mewah tersebut merupakan hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab Sheikh Muhammad Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo.

Bentuk Masjid Sheikh Zayed Solo sangatlah memikat mata. Bagaimana tidak, struktur bangunannya dikatakan sebagai miniatur Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini