Share

4 Masjid Megah di Filipina, Negara Lawan Indonesia Menuju Semifinal Piala AFF 2022

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Senin 02 Januari 2023 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 02 615 2738465 4-masjid-megah-di-filipina-negara-lawan-indonesia-menuju-semifinal-piala-aff-2022-VrXnZZtU0k.jpg Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah atau Masjid Agung Cotabato di Kota Cotabato, Filipina. (Foto: Istimewa/Wikipedia)

FILIPINA menjadi lawan Timnas Indonesia sebelum memastikan tempat di semifinal Piala AFF 2022. Laga pamungkas penyisihan grup A ini akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, ibu kota Manila, Senin 2 Januari 2023, pukul 19.30 WIB.

Di luar dari itu, ada hal-hal menarik dari negara Filipina. Salah satunya terdapat masjid-masjid megah dan indah.

Masjid-masjid tersebut memiliki bangunan luas dan unik. Oleh karena itu, banyak wisatawan tertarik berkunjung atau menjelajah hingga mengetahui sejarah di balik berdirinya sejumlah masjid tersebut.

Berikut beberapa masjid megah di Filipina yang wajib dikunjungi ketika berada di sana, sebagaimana telah Okezone himpun:

BACA JUGA:Jumlah Muslim di Filipina, Negara Lawan Timnas Indonesia Menuju Semifinal Piala AFF 2022  

 

1. Masjid Dimaukom 

Masjid dengan tampilan serba pink ini berada di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan. Masjid ini memilki tampilan pink yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dimaukom sendiri diambil dari nama wali kota yang menginstruksikan pembangunan masjid, yaitu Samsodin Dimaukom. Masjid ini dibangun pada 2011 dan dibuka untuk umum pada 2013.

Masjid dicat berwarna pink untuk melambangkan perdamaian dan cinta karena dibangun oleh para pekerja non-Muslim. Ini juga untuk melambangkan persatuan dan persaudaraan antaragama.

Selain itu, warna pink dimaknai sebagai lambang persatuan dan persaudaraan antaragama ternyata warna pink ini menjadi warna favorit wali kota.

BACA JUGA:Jumlah Muslim di Thailand, Negara Lawan Selanjutnya Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 

2. Masjid Al Dahab Manila

Masjid Al Dahab atau yang terkenal dengan The Golden Mosque adalah pusat keagamaan umat Islam di Manila. Dibangun pada tahun 1976 dan dinamakan demikian karena warna kubahnya yang berwarna emas. Masjid ini terletak di Manila sekaligus masjid terbesar yang ada di kota tersebut.

Masjid megah ini terbuka untuk umum. Banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi masjid berkubah emas ini. Bahkan, wisatawan non-Muslim dibolehkan masuk hingga bagian utama masjid, syaratnya harus menaati aturan yang berlaku di sana. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

3. Masjid Taluksangay

Taluksangay yang terletak di Barangay Taluksangay di Zamboanga dibangun oleh Hadji Abdullah Maas Nuno pada tahun 1885. Ini merupakan masjid tertua di Mindanao Barat.

Masjid ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di daerah tersebut. Pada tahun 2008, masjid diperluas dan sekarang dapat menampung sekira 3.000 jamaah.

4. Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah 

Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah juga dikenal sebagai Masjid Agung Cotabato. Masjid ini terletak di Kota Cotabato dan merupakan masjid terbesar di Filipina.

Masjid ini terletak di Barangay Kalanganan II di Kota Cotabato. Ini juga merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Indonesia.

Masjid besar ini dapat menampung 1.200 jamaah mencangkup 800 jamaah pria dan 400 jamaah wanita.

Kubah emas dari Masjid Sultan Hassanal Bolkiah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi Kota Cotabato.

Tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, masjid ini dijadikan sebagai tempat wisata religi untuk kaum Muslimin maupun non-Muslim.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini