Share

Kisah Cincin Nabi Sulaiman Dicuri Jin Sampai Terasingkan dari Bangsa Sendiri

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2023 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 614 2739171 kisah-cincin-nabi-sulaiman-dicuri-jin-sampai-terasingkan-dari-bangsa-sendiri-grsLg7I6d7.jpg Ilustrasi kisah cincin Nabi Sulaiman Alaihissallam dicuri jin jahat. (Foto: Unsplash)

NABI Sulaiman Alaihissallam merupakan salah seorang makhluk pilihan Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menyebarkan dan merangkul setiap manusia agar kembali ke jalan yang benar. Nabi Sulaiman juga mempunyai kelebihan bisa menaklukkan hewan dan jin.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, Ibnu Abbas pernah menceritakan bahwa salah satu kewibawaan Nabi Sulaiman Alaihissallam terletak pada cincinnya. Cincin tersebut tidak pernah lepas dari jari Nabi Sulaiman, kecuali saat akan wudhu atau buang hajat.

BACA JUGA:Kisah Nabi Sulaiman Mendengar Lamaran Gombal Burung Pipit, Isinya Bikin Tersenyum-senyum! 

Sebab di dalamnya terdapat tulisan asmaullah al-a’dzam yang memang tidak boleh dibawa ke tempat kotor.

Suatu hari Nabi Sulaiman Alaihissallam hendak buang hajat. Kemudian ia menitipkan cincinnya itu kepada pelayannya yang telah dipercaya sejak lama.

Ternyata sedari tadi ada jin yang memerhatikan gerak-gerik Nabi Sulaiman Alaihissallam, sekaligus mengincar cincin yang dianggap sakti itu.

Kemudian jin itu berubah wujud menyerupai Nabi Sulaiman Alaihissallam, lalu menghampiri pelayan tadi dan meminta cincin itu diberikan kepadanya. Dikarenakan wujudnya sangatlah mirip, akhirnya cincin tersebut diberikan kepada jin yang diduganya adalah Nabi Sulaiman.

"Berikan kepadaku cincin itu," kata jin.

BACA JUGA:Doa Nabi Sulaiman Menjinakkan Hewan Buas Beserta Jin 

Setelah merebut cincin milik Nabi Sulaiman Alaihissallam, lantas jin itu langsung duduk di singgasana. Semua makhluk tertunduk dan menghormatinya. Bahkan, semut-semut pun sangat segan kepada sosok yang diduganya adalah Nabi Sulaiman, padahal ia adalah jin.

Setelah selesai buang hajat, lantas Nabi Sulaiman Alaihissallam menghampiri pelayan yang dititipkan itu. Beliau meminta kembali cincin tadi. Tapi ternyata pelayannya itu malah tidak percaya, karena menganggap Nabi Sulaiman yang sesungguhnya adalah sosok yang duduk di singgasana kerajaan. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Begitu juga makhluk lainnya, tidak menganggap kalau itu adalah Nabi Sulaiman Alaihissallam yang sesungguhnya dan malah tertipu dengan sosok jin tersebut. Jin itu telah menipu semua makhluk yang ada di sekitar wilayah Nabi Sulaiman.

Hilangnya cincin itu jadi ujian sendiri bagi Nabi Sulaiman Alaihissallam, tepatnya selama 40 hari. Kemudian beliau mengasingkan diri ke pantai, sampai pakaiannya compang-camping dan tubuhnya sudah tidak terurus lagi.

Suatu hari beberapa orang mulai merasa ada yang janggal dengan gelagat sosok Sulaiman yang sesungguhnya adalah jin. Sebab semua tingkah lakunya selama 40 hari itu ada yang berbeda, jauh dari kewibawaan seperti biasanya.

Lalu ada salah satu kaki tangan Nabi Sulaiman Alaihissallam yang bernama Ashif bin Barkhaya berkata, "Wahai Bani Israil, sesungguhnya cincin Nabi Sulaiman Alaihissallam telah dicuri oleh jin. Lalu ia sendiri menjauh dari kehidupan kita."

Tatkala Sulaiman palsu yang tengah duduk di atas kursi mendengar perkataan itu, lalu ia kabur menuju laut, dan cincin yang ada di jarinya dilemparkan ke lautan.

Kemudian cincin itu ditelan oleh seekor ikan yang ada di laut. Nabi Sulaiman Alaihissallam pun diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk memburu ikan yang menelan cincin itu.

Atas izin Allah Azza wa Jalla, akhirnya Nabi Sulaiman Alaihissallam menemukan ikan yang telah menelan cincinnya dan dibelah perut ikan tersebut. Ternyata memang benar di dalamnya ada cincin Nabi Sulaiman yang hilang itu.

Lalu diambillah dan kemudian dia kenakan kembali ke jarinya. Nabi Sulaiman Alaihissallam pun melakukan sujud syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala karena telah dikembalikan kepadanya cincin yang menyimpan sejuta misteri yang dianggap oleh makhluk lainnya sebagai kewibawaannya selama ini.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini