Share

Kenali Yuk 10 Sifat Wajib Allah, Apa Saja?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2023 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 05 614 2740569 kenali-yuk-10-sifat-wajib-allah-apa-saja-UF6eI2WSio.jpg Allah punya sifat wajib (Foto: Okezone)

ALLAH SWT sebagai Tuhan yang menciptakan alam semesta memiliki sifat-sifat yang menunjukkan kesempurnaan-Nya.

Menurut Ajaran Islam, Allah SWT memiliki sifat Wajib yang berbeda dengan sifat manusia (مخلوق) yang membedakan antara Pencipta dengan Ciptaan.

Tentunya semua umat Muslim hendaknya memahami dan meyakini sifat-sifat Allah SWT tersebut.

Saat ini sifat wajib Allah SWT ada 20. Dari seuaa sifat wajib Allah tidak ada satu makhluk pun yang mampu menyamainya. Adapun berikut ini sifat-sifat wajib bagi Allah SWT dirangkum dari berbagai sumber:

1. Wujud

Sifat wujud bukti bahwa Allah itu ada dapat dilihat melalui keberadaan dunia ini dan segala isinya. karena tidak mungkin ada dunia (Penciptaan) tanpa adanya Tuhan (Pencipta)

2. Qidam

Berarti Yang Pertama tanpa ada yang mendahului sebelumnya karena tidak mungkin pencipta didahului oleh ciptaannya.

3. Baqa

Baqa (البقاء) berarti "Kekal" yang tidak akan rusak selamanya. sesuai dengan firman Allah dalam Kitab Suci Al-Qur'an Surah Al-Qashash ayat 88 : "Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah"

4. Mukhalafatu Lil Hawadits

Ini berarti "tidak mungkin disamakan dengan ciptaan (Makhluk)". karena jika Dia (Tuhan) sama dengan ciptaan, berarti dia diciptakan, dan tidak mungkin Tuhan diciptakan oleh seseorang. Sesuai dengan firman-Nya dalam kitab suci Al-Qur'an, surah Asy-Syura, ayat 11 : “Tidak ada yang setara dengan Dia (Allah).

 BACA JUGA:11 Astronot Muslim Sukses Menjelajah Luar Angkasa, Ada yang Jalankan Misi Memotret Kakbah

5. Qiyamuhu Binafsihi

Qiyamuhu Bi Nafsihi (القيامه بنفسه) berarti “berdiri sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain”, karena jika ia membutuhkan bantuan orang lain, berarti ia lemah, dan “lemah” bukanlah sifat Tuhan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

6. Wahdaniyyah

Wahdaniyyah artinya Maha Esa. Allah SWT itu tunggal, satu dan tidak ada yang menandinginya. Hal itu tercantum dalam surat An Nahl ayat 51.

وَقَالَ اللّٰهُ لَا تَتَّخِذُوْٓا اِلٰهَيْنِ اثْنَيْنِۚ اِنَّمَا هُوَ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَاِيَّايَ فَارْهَبُوْنِ

Artinya: "Dan Allah berfirman, "Janganlah kamu menyembah dua tuhan; hanyalah Dia Tuhan Yang Maha Esa. Maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut."

7. Qudrat

Qudrat berarti kuasa. Allah memiliki kekuasaan yang besar di mana salah satu buktinya adalah keberadaan jagat raya yang terdiri dari jutaan bintang dan planet yang selalu bergerak secara teratur tanpa terjadi tabrakan.

8. Iradat

Iradat berarti berkehendak. Yakni, Allah bebas menentukan kehendak tanpa ada yang memerintah dan melarangnya, salah satunya tentang penciptaan alam semesta dan segala isinya.

9. Ilmu

Ilmu berarti mengetahui. Allah SWT memiliki ilmu yang sangat lengkap, bahkan ilmunya bersifat menyeluruh, luas dan mendalam. Segala sesuatu, baik yang lahir maupun hal ghaib tidak lepas dari pengetahuan Allah.

10. Hayat

Hayat berarti hidup. Artinya, Allah hidup tanpa memerlukan sesuatu dan tanpa didahului oleh siapapun.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini