Share

8 Peristiwa Penting di Bulan Rajab: Turun Perintah Sholat 5 Waktu hingga Pembebasan Baitul Maqdis

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 23 Januari 2023 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 330 2751207 8-peristiwa-penting-di-bulan-rajab-turun-perintah-sholat-5-waktu-hingga-pembebasan-baitul-maqdis-gdYLMCXsyz.jpg Ilustrasi peristiwa penting di bulan Rajab. (Foto: Shutterstock)

ADA sejumlah peristiwa penting di bulan Rajab. Rajab sendiri merupakan satu dari empat bulan suci dalam penanggalan hijriah. Umat Islam pun dianjurkan memperbanyak amal salih pada bulan ini. Ada balasan pahala yang sangat besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat hadis dari Abu Bakroh, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (Akhir) dan Sya'ban." (HR Bukhari nomor 3197 dan Muslim: 1679)

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Senin 23 Januari 2023M/1 Rajab 1444H 

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, sebelum masa kenabian, Rajab menjadi bulan yang diistimewakan diagungkan, dimuliakan oleh kaum Quraisy, bangsa Arab.

Rajab biasa juga disebut 'Al-Ashabb' (الأصب) yang berarti 'mengucur atau menetes'. "Dijuluki demikian karena derasnya tetesan kebaikan pada bulan ini," terang Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu. 

info grafis Isra Miraj. (Foto: Okezone)

Rajab juga disebut 'Al-Ashamm' (الأصم) atau 'yang tuli', tidak boleh ada bunyi senjata perang. Rajab adalah 'Rajam' (رجم) yang bermakna melempari setan sebagai bukti perlawanan manusia kepada mereka.

Selain banyaknya pahala yang melimpah pada bulan Rajab, ada juga terjadi peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah bagi kaum Muslimin. Ini lima peristiwa-peristiwa tersebut:

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Rajab 2023 Lengkap Teks Arab Beserta Artinya 

1. Isra Miraj

Isra Miraj adalah mukjizat yang diterima Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Peristiwa besar ini adalah perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah ke langit. Hal itu diawali dengan berangkatnya Nabi bersama Malaikat Jibril dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala naik ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi di langit. Selama perjalanan menuju langit, Nabi diperlihatkan keindahan surga dan kekejaman neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

2. Perintah sholat lima waktu

Dalam peristiwa Isra Miraj, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga mendapat perintah dari Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mengerjakan sholat lima waktu pertama kalinya. Sampai saat ini sholat adalah ibadah yang wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam sebagai tiang utama agama.

3. Memenangkan Perang Tabuk

Pada bulan Rajab, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memenangkan Perang Tabuk. Ini merupakan perang Rasulullah melawan tentara Romawi yang terjadi pada 9 Hijriah atau 630 Masehi.

Ketika perang, kala itu pasukan Muslim terdiri dari 30 ribu orang dan menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Mengetahui banyaknya tentara Muslim yang dipimpin Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, membuat tentara Romawi ketakutan dan memilih mundur. Umat Islam pun menang dalam Perang Tabuk.

4. Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Penaklukan Salahuddin Al Ayyubi di Alquds terjadi pada 2 oktober 1186, yakni bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 Hijriah. Salahuddin berhasil mengalahkan Pasukan Salib yang menduduki Tanah Suci Yerusalem selama berpuluh tahun. Atas bantuan dan izin dari Allah Subhanahu wa ta'ala, akhirnya Salahuddin dan tentara Muslim dapat mengambil kembali kota suci Baitul Maqdis.

5. Berakhirnya masa kekhalifahan

Pada bulan Rajab, seluruh masa kekhalifahan di muka bumi ini berakhir. Tepatnya pada 28 Rajab tahun 1342 Masehi. Kejadian tersebut ditandai dengan jatuh dan berakhirnya pemerintahan Ottoman yang berada di Turki.

Peristiwa berakhirnya masa kekhalifahan disebabkan Presiden Mustafa Kemal Attaturk menghapus semua syariat Islam dan mengganti hukum-hukum Islam dengan paham hukum Barat, serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut. 

6. Ibunda Aminah mengandung Nabi Muhammad

Pada bulan Rajab ini Ibunda Aminah mengandung janin yang kemudian lahir dan diberi nama Muhammad. Ibunda Aminah melahirkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pada Bulan Rabi'ul Awwal.

Ada sejumlah peristiwa luar biasa yang terjadi semasa Ibunda Aminah mengandung Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Ketika beliau lahir pun telah ditetapkan sebagai suri teladan untuk umar manusia lainnya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

7. Meninggalnya Raja An-Najasyi

Raja An-Najasyi meninggal pada bulan Rajab Tahun 9 Hijriah. Dalam banyak sejarah, dikabarkan ia wafat dalam keadaan sudah memeluk Islam. An-Najasyi merupakan raja Al-Habasyah.

Masuknya Raja An-Najasyi ke agama Islam berawal dari surat yang dikirim Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Beliau mengirim sepucuk surat kepada Raja An-Najasyi Asshamah bin Al-Abjar yang merupakan pemimpin Abbyshinia atau Ethiopia hingga hidayah pun menghampirinya.

8. Wafatnya Imam Syafi'i

Imam Syafi'i merupakan ulama besar pendiri Mazhab Syafi'i banyak diikuti kaum Muslimin, termasuk di Indonesia. Beliau merupakan salah satu imam mazhab rujukan umat Islam dunia.

Diketahui bahwa imam mazhab ada empat yaitu Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i, dan Imam Ahmad bin Hanbal. Semuanya berusaha mengikuti petunjuk Alquran dan As-Sunnah.

Imam Syafi'i wafat ketika berusia 54 tahun pada bulan Rajab Tahun 204 Hijriah. Jasad Imam Syafi'i dimakamkan di Mesir.

Allahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini