Share

Cerita Lucu Nasruddin Hoja Bisa Bikin Periuk Nasi Jadi Hamil hingga Meninggal Dunia

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2023 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 614 2752886 cerita-lucu-nasruddin-hoja-bisa-bikin-periuk-nasi-jadi-hamil-hingga-meninggal-dunia-oBfpF38skg.jpg Ilustrasi humor Nasruddin Hoja dan periuk nasi. (Foto: YouTube Abot Story)

KEPANDAIAN serta kecerdikan Nasruddin Hoja tidak perlu diragukan lagi. Dengan kecerdikan itu, dia mampu mengambil sikap yang tepat ketika berhadapan dengan berbagai persoalan berat maupun rumit.

Berkat kepintaran yang dimiliki, Nasruddin Hoja dapat bertahan melewati masa yang penuh ketidakpastian di negerinya. Saat itu di sana penuh anarkisme, kepandaian dan kecerdikannya rupanya ingin dimanfaatkan pula oleh para penguasa.

BACA JUGA:Cerita Lucu Nasruddin Hoja Jadi Korban Maling Gara-Gara Malas Kasih Makan Keledai 

Nasruddin pernah diminta penguasa untuk menyelesaikan persoalan. Dengan kemampuan di bidang politik dan manajemen, dia mampu menyelesaikan persoalan tersebut secara tuntas.

Berkat pengetahuan ilmu yang mendalam, ia pun diangkat menjadi penasihat Raja. Dalam kisah ini banyak sindiran yang ditunjukkan kepada orang yang suka memanfaatkan kepandaiannya untuk keuntungan diri sendiri hingga merugikan orang lain. 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Alkisah, Nasruddin Hoja sedang kebingungan ketika ingin memasak nasi karena tidak punya periuk. Kemudian ia meminjam periuk kepada tetangganya, dan seminggu kemudian memgembalikan dengan menyertakan periuk lain di sampingnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Tetangganya heran ketika melihat periuk yang lebih kecil itu. "Periukmu sedang hamil waktu kupinjam. Dua hari kemudian melahirkan bayinya dengan selamat," ucap Nasruddin Hoja, dikutip dari kanal YouTube Abot Story, Kamis (26/1/2023).

BACA JUGA:Humor Sufi, Kisah Nasruddin Hoja Kerap Berkhutbah Jumat tapi Enggan Melakukannya 

Tetangganya terlihat senang dan menerima periuk tersebut. Dia merasa beruntung karena telah meminjamkan periuk itu kepada Nasruddin.

Beberapa hari kemudian Nasruddin kembali meminjam periuk yang pernah dipinjam kemarin. Dengan senang hati, tentu saja si tetangga kembali meminjamkan periuk itu kepada Nasruddin dengan harapan bisa mendapatkan periuk lain. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Namun sampai sebulan lebih, Nasruddin belum juga mengembalikan periuk yang dipinjamnya itu. Si tetangga pemilik periuk gusar dan kemudian pergi mendatangi Nasruddin untuk meminta periuknya lagi.

"Oh maaf, sudah terjadi sebuah malapetaka bahwa takdir telah menentukan periukmu meninggal di rumahku. Sekarang telah kumakamkan," tutur Nasruddin.

Sang tetangga terlihat sangat marah dan naik pitam karena merasa dibodohi oleh Nasruddin. "Ayo kembalikan periukku! Jangan berlagak bodoh ya! Mana ada periuk bisa meninggal dunia?" ucap si tetangga dengan sangat kesal.

Nasruddin tetap tenang dan menjawab dengan santai. "Kalau periukmu kemarin itu bisa beranak, maka pasti bisa juga meninggal dunia," jawab Nasruddin.

Mendengar penjelasan tersebut, tetangga Nasruddin makin terlihat sangat marah, gusar, dan jengkel.

Namun apa daya, ia telah mempercayai pernyataan bodoh Nasruddin Hoja jika periuknya pernah melahirkan sehingga harus menerima kenyataan bodoh sudah meninggal dunia.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini