nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obat Kumur yang Tepat untuk Atasi Bau Mulut saat Puasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 29 April 2019 18:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 29 616 2049496 obat-kumur-beralkohol-efektif-cegah-bau-mulut-saat-puasa-ini-kata-dokter-UzNg8dchZe.jpg Obat kumur ampuh cegah bau mulut? (Foto: Westermier)

Bau mulut kerap menjadi persoalan saat puasa datang. Untuk mengatasinya kebanyakan orang menyikat gigi dan berkumur serta menghindari makanan-makanan yang merangsang.

Karena memang, beberapa jenis makanan bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap selain kondisi gigi yang tidak bagus seperti gigi berlubang.

 BACA JUGA : 5 Artis Nyaleg Diprediksi Melenggang Manja ke Senayan, Tetap Bergaya ala Selebriti Gak Ya?

Dijelaskan Dokter Gigi Felice Kin Lie, upaya ini sudah menjadi cara yang benar. Namun, banyak dari Anda yang salah dalam mempraktikannya. Ya, sebut saja kebiasaan menyikat gigi dan waktu melakukannya.

"Kalau mau sikat gigi di bulan puasa itu sangat disarankan jangan pas bangun sahur langsung sikat gigi, tapi tunggu 30 menit setelah makan sahur. Kemudian, di waktu berbuka, ada baiknya sikat gigi sebelum tidur," terang Dokter Felice pada Okezone beberapa waktu lalu.

 

Lalu, bagaimana dengan penggunaan obat kumur, apakah ini berdampak pada kebersihan mulut yang maksimal dan akhirnya meminimalisir aroma mulut saat berpuasa?

Dokter Felice menegaskan, karena tubuh berpuasa, makanya pasti mulut menjadi sangat kering dan kalau sudah begini, bau mulut adalah reaksi yang bisa timbul. Nah, karena sedang berpuasa, tentu Anda tidak bisa minum agar mulut tidak kering, namun setidaknya memastikan mulut tetap segar dengan tidak konsumsi makanan yang menimbulkan aroma tak sedap saat sahur.

Selain itu, sambung Felice, dia menyarankan untuk mereka yang terbiasa dengan cairan kumur, saat berpuasa, usahakan jangan pilih yang mengandung alkohol.

"Larutan kumur yang beralkohol itu malah mempercepat pengeringan mulut dan karena itu, aroma mulut pun akan semakin tidak sedap. Jadi, kalau terbiasa dengan kumur-kumur, pilih saja cairan yang tak beralkohol, atau kalau memang adanya yang beralkohol, Anda bisa melarutkannya dulu dengan air putih bersih supaya kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi," tambahnya.

 BACA JUGA : Cewek Ini Ngidam Buah Thanos di Avengers: Endgame, Seperti Apa Bentuknya?

Jadi, memang tidak bisa kita menghilangkan aroma bau mulut saat berpuasa. Namun, yang bisa dilakukan adalah membuat mulut tetap sehat dan tentunya dengan melakukan kebiasaan yang tepat dan benar.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini