nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Ini Cara Nabi Muhammad SAW Mendidik Siti Fatimah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 22:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 08 616 2053247 seperti-ini-cara-nabi-muhammad-saw-mendidik-siti-fatimah-9gY3qbDgRl.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Mendidik anak menjadi salah satu tantangan bagi para orangtua di zaman modern. Namun Anda bisa mencontohnya dari bagaimana Nabi Muhammad mendidik putrinya, Siti Fatimah.

Menurut penjelasan Ustadz Najmi Fathoni, Nabi Muhammad mendidik anaknya dengan pola menggembirakan, dan memberi contoh langsung kepada para sahabat, maupun anak perempuannya Siti Fatimah.

Ada sebuah kisah menarik tentang pola didik Rasulullah kepada Fatimah yang bisa diterapkan pada era modern seperti saat ini. Terutama menyangkut kedisiplinan.

"Siti Fatimah itu orang yang paling disayang beliau. Tapi Rasulullah juga sangat tegas dalam mendidiknya," ujar Najmi Fathoni saat dihubungi Okezone via sambungan telepon belum lama ini.

Pada masa itu, beredar sebuah kasus pencurian yang diduga dilakukan oleh oknum terdekat Nabi Muhammad SAW. Tak sedikit pula orang yang mencurigai Siti Fatimah yang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut.

 Baca Juga: Potret Ramadan Penduduk Gaza, Satu Keluarga Buka Puasa di Depan Reruntuhan Rumah

"Mendengar kabar itu Rasulullah mengatakan, 'Jika seandainya Fatimah yang melakukan, maka akan saya potong tangannya'. Itu membuktikan Rasulullah selalu tegas saat bicara soal kebeneran, dan Fatimah memang tidak terbukti bersalah," ungkap Najmi.

Najmi mengatakan, hal tersebut membuktikan Rasulullah selalu terlibat langsung dalam pendidikan dan mengajarkan kepada para sahabat dan anaknya bagaimana memilah sesuatu yang haram dan halal, bagaimana berbagi makanan kepada yang membutuhkan, bagaimana mendahulukan orang-orang miskin, dan masih banyak lagi.

Fatimah juga dikisahkan pernah mengeluh kepada Rasulullah karena tidak memiliki pembantu. Kondisi ini terjadi saat ia telah menikahi Ali bin Abi Thalib yang secara ekonomi biasa-biasa saja.

 Baca Juga: 5 Promo Bukber Murah Bersama Teman dan Keluarga

"Dulu tangan Fatimah mulus, begitu menikah dengan Ali tangannya jadi kapalan. Mendengar keluhan anaknya, Rasulullah mengatakan, 'Tangan seperti ini yang aku sukai daripada kamu memiliki seorang pembantu'. Beliau selalu membesarkan hati Fatimah, dan tidak pernah mengecilkan hatinya sama sekali," tegas Najmi.

"Rasulullah selalu mendorong orang itu bangga dengan pekerjaan seperti Fatimah yang statusnya sebagai istri Ali," lanjutnya.

Melihat bagaimana cara Nabi Muhammad mendidik putrinya, Anda bisa mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini