Cerita Zaskia Sungkar Menjemput Hidayah, Pernah Dipaksa Pakai Hijab

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 Mei 2019 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 14 614 2055453 cerita-zaskia-sungkar-menjemput-hidayah-pernah-dipaksa-pakai-hijab-5dheq47T1k.jpg Cerita Zaskia Sungkar menjemput hidayah (Foto : Cinta Quran TV/Youtube)

Hidayah yang diturunkan Allah SWT jangan pernah disia-siakan. Panggilan tersebut harus diamini dan diterapkan dengan bijak. Itu juga yang kemudian dilakukan Zaskia Sungkar.

Zaskia Sungkar yakin, ketika Allah SWT sudah menetapkan hidayah itu kepadanya, itu tandanya Allah masih ada di sampingnya dan sayang kepadanya.

Namun, proses mengamini hidayah bahkan mendapatkannya itu tak dilalui dengan cepat. Butuh perjalanan panjang hingga akhirnya dai sadar jika Allah senantiasa melindunginya dan ini juga yang menjadi alasan kenapa akhirnya Zaskia yakin berhijrah.

Dalam video Youtube Cinta Quran TV, perempuan kelahiran 22 Desember 1990 ini menceritakan dengan gamblang bagaimana dia menjemput hidayah. Zaskia menjelaskan di awal dia menggunakan hijab, tujuan utamanya hanya satu, lepas dari dunia pergaulan sebelumnya.

"Saya nggak bilang pergaulan sebelumnya itu nggak baik, karena Allah SWT Maha membalikkan nasib hambanya. Kita nggak akan pernah tahu kalau mereka yang dianggap buruk, di akhirnya nanti bisa saja malah jadi hamba yang terpuji di mata Allah. Makanya saya juga ngga mau menilai ke arah sana. Namun, intinya, saya ingin lepas dari dunia yang sebelumnya," ungkap Zaskia.

zaskia sungkar cerita hijrah

(Foto : Cinta Quran TV/Youtube)

Kakak Shireen Sungkar ini mulai mengenakan hijab pada 2012 setelah dia dan Irwansyah menikah. Meski hijab sudah dia kenakan, namun ibadah pada Allah dia akui masih belum sempurna. Masih belum total.

Tapi, saat Zaskia mengenakan hijab, dia mengaku ayahnya langsung sujud syukur. Sebab, itulah yang selalu didoakan sang ayah.

"Aku pernah dipaksa pakai hijab, pernah dipaksa masuk pesantren sama ayah. Tapi, aku sendiri juga yang kemudian lepas hijabnya dan mulai syuting. Tapi, pas aku yakin untuk berhijab kembali, ayah langsung sujud syukur. Doa dia selama ini didengar Allah," ceritanya sedikit haru.

Dalam suasana sedih, Zaskia juga menjelaskan kalau dirinya pernah hanya berpikiran tentang duniawi saja sekali pun sudah berhijab. Pekerjaan, karier, usaha, semua minta dilancarkan. Tapi, belum ada keinginan untuk didekatkan sama Allah SWT.

Bahkan, sang suami yang lebih dulu hijrah, sempat mengajak dia untuk sama-sama hijrah. Tapi Zaskia merespon sebaliknya.

"Aku pernah diajak suami ikut kajian, lalu aku tolak. Aku ngerasa kalau ikut kajian itu terlalu berlebihan, lebay. Aku mau jadi hamba Allah yang biasa-biasa saja," ungkapnya.

Keyakinan ini terus ada dalam diri Zaskia. Sang suami pun tak henti-henti mengajaknya untuk lebih dekat dengan Allah. Sampai menurut cerita Zaskia, Irwansyah mintanya kalau memang tidak mau datang langsung ke kajian, ya, lewat Youtube. Zaskia Sungkar menjawab tidak mau.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Keberangkatannya ke tanah suci untuk Umroh menjadi gerbang awal. Di perjalanan Umroh sebelumnya, dia terus meminta hal duniawi; diberikan anak, rezeki lancar, dan masalah duniawi lainnya. Tapi, perjalanan Umroh kali ini Zaskia akui berbeda.

"Aku datang menghadap Allah di Umroh ini dengan membawa satu doa, semoga Allah SWT melembutkan hati aku, membuka hati aku. Sudah, hanya itu doa aku," tuturnya.

Berdasar penuturan Zaskia, malam sesampainya di Madinah masih biasa saja. Namun, sampai di Mekah, malamnya, 3 hari sebelum pulang, hatinya tidak tenang.

"Aku takut, aku tidur, aku takut mati. Aku ngomong sama suami, aku takut mati. Aku nggak bawa apa-apa, aku solat untuk apa, aku nggak kenal Allah," keluhnya ke suami dan suasana kajian pun mendadak haru. Zaskia menitihkan air mata menceritakan momen ini.

Kemudian, sang suami menegaskan kalau itu adalah hidayah dari Allah. "Itu jawaban dari doa kamu, itu hidayah dari Allah, cepet ambil," kata Zaskia menirukan pernyataan Irwansyah.

Sebelum pulang, Zaskia mengaku sempatkan diri untuk solat Taubat. Dia yakin ini adalah kesempatan yang diberikan Allah untuknya. Dia berjanji untuk terus mendekatkan diri pada Allah SWT.

Sesampainya di rumah kembali, Zaskia bercerita, hal pertama yang dilakukan adalah memberaniin diri nonton Youtube tentang kajian. "Seindah ini ajaran yang Allah kasih, seindah itu Alquran, begitu besar cinta Rasul ke kita, aku ke mana aja," keluhnya. Air mata kembali menetes.

Setelah berani nonton kajian lewat Youtube, Zaskia kemudian melangkah lebih jauh. Dia datang langsung ke salah satu kajian, yang kala itu diimami Ustadz Fatihah Husna dan pembahasannya mengenai kematian.

"Hati aku yang dulunya kosong dan tak punya tujuan hidup, mulai terisi. Allah baik banget sama aku," ucapnya.

Kini, Zaskia menganggap kajian adalah kebutuhan. Dia merasa, kalau bolos kajian, dia kesel, seperti ada yang hilang. Dari yang tadinya nggak suka kajian, sekarang begitu cinta. "Kita nggak akan tahu kita ada di possi ini," sambungnya.

Perubahan terus terjadi pada diri Zaskia. Salah satunya adalah di saat dirinya diterpa masalah. Kini, Zaskia bisa lebih ikhlas dan tetap tenang, karena dia yakin kalau ada Allah SWT yang Maha Besar di sampingnya.

"Satu hal yang nggak akan bisa dibayar dengan apa pun manfaat yang aku rasain karena dekat dengan Allah, aku merasakan ketenangan yang selama ini aku cari dalam hidup aku," tuturnya.

Zaskia menjelaskan, mau dirinya ngomong sama psikiater sekali pun, ketenangan itu hanya dia rasakan setelah dekat dengan Allah. Perasaan ikhlas itu datang dengan sendirinya. Dia tahu betul yang namanya ujian tentu bikin sedih dan Zaskia pun merasakannya, tapi dalam menyikapinya dia mengaku selalu bisa bersikap ikhlas. Zaskia kini merasakan ketenangan.

Namun, ada satu hal yang masih dia takuti, ialah bekalnya di akhirat nanti. Zaskia menuturkan, apa yang akan dia bawa dan bagaimana kehidupannya di dunia ini menentukan kehidupannya di akhirat kelak.

"Ketakutan aku satu, setelah meinggal, aku di sana bagaimana. Aku kini merasa sangat tenang. Aku percaya Allah kasih umur berarti Allah kasih kesempatan untuk kita terus mendekat padanya. Insha Allah, aku sama suami bisa terus berpegangan tangan sampa ke jannah. Amin," tutur Zaskia Sungkar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya