nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diyakini sebagai Penangkal Sihir, Ini 4 Keajaiban Kurma Ajwa

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 21:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 15 614 2056180 diyakini-sebagai-penangkal-sihir-ini-4-keajaiban-kurma-ajwa-ztLSX8scay.jpg Kurma Ajwa Diyakini sebagai Penangkal Sihir (Foto: Deensquare)

BUAH kurma merupakan satu dari sekian banyak makanan yang diburu masyarakat setiap kali Ramadan tiba. Sebab seperti yang kita ketahui, Nabi Muhammad menyontohkan umatnya untuk berbuka puasa dengan buah itu sebelum menyantap makanan lainnya. Bukan hanya itu, Nabi juga menganjurkan di setiap rumah menyimpan persediaan kurma.

Selain itu, kurma ajwa memiliki fakta sejarah yang sejahtera dan keajaiban pada buah kurma tersebut. Dilansir dari beberapa sumber, mengenai keistimewaan yang terkandung dalam kurma ajwa, Rabu (15/5/2019)

1.Eksistensi

Dalam penggalian eksistensi dari situs dan sekitar mesir, bahwa kolam besar sisa-sisa tanaman kurma telah ditemukan, membenarkan fakta bahwa kurma dikonsumsi sejak zaman kuno. Seiring popularitasnya yang terus tumbuh sepanjang sejarah, kurma dicangkok ke berbagai belahan dunia oleh para pemimpin dunia, pengusaha dan sejarawan terkemuka. Alexander Agung saat itu, bertanggung jawab karena membawa kurma ke anak benua India dan berbagai bagian lain di Timur Tengah. Pada saat itu, para prajurit biasanya makan banyak kurma agar mereka tetap berenergi dan sehat serta meludahkan lubang kurma saat ia tinggalkan agar membantu menumbuhkan pohon kurma.

 

2.Jenis Kurma

Ada ratusan jenis kurma yang ditemukan di seluruh dunia, namun yang paling di favoritnya jenis kurma ajwa. Karena ia mempunyai manfaat pada kesehatan yang tak ternilai dan rasanya yang luar biasa, kemudian banyak mereka yang meminati buah kurma tersebut meskipun memiliki harga yang paling mahal. Kurma Ajwa adalah varietas kurma yang kering lembut seperti Medjool Khajoor, Barni dan Mabroom. Mereka menjadi budidaya di Madinah dan di eksport ke seluruh dunia.

 

3.Harga

Kurma Ajwa memiliki harga yang paling mahal dibanding kurma lainnya, hal ini karena sebanding dengan kualitasnya. Untuk satu kilogram kurma Ajwa biasanya mencapai diatas Rp 300 ribu hingga Rp350 ribu. Waspadalah jika membeli kurma Ajwa dengan harga yang jauh lebih murah.

4.Keajaiban

Memakan 7 buah kurma ternyata dapat mengobati racun dan sihir dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”. Kemudian, kurma juga berasal dari surga. Sebagaimana, sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ternyata kurma ajwa ini adalah obat dari racun. Lalu, kurma menjaga pemiliknya dari kelaparan dan memberikan kurma sebagai contoh bagi umatnya untuk memerintahkan dalam bersedekah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini