Share

Movie Lovers Bisa Sedekah untuk Pendidikan Kaum Duafa

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 614 2058552 movie-lovers-bisa-sedekah-untuk-pendidikan-kaum-duafa-MfSeUhslAR.jpg Sedekah (Foto: USAtoday)

BANYAK cara orang menyumbangkan rezekinya untuk sedekah. Apalagi di bulan Ramadan, Anda akan mendapatkan banyak pahala jika ikhlas bersedekah.

Seperti firman Allah berikut ini yang menjelaskan bahwa umatnya tak perlu takut jika sedekah. Sebab akan diganti berkali-kali lipat.

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [Saba’/34 : 39]

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya, dan Dia-lah Pemberi rizki yang tebaik” [Saba/34 : 39] [11]

Ustadz Fauzan Amin LDNU menjelaskan, seseorang yang suka sedekah akan memberikan imbalan besar. Di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261 disebutkan:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

"Infaq yang terbaik adalah barang yg paling disenangi. Bukan barang-barang bekas yang sudah tidak dipakai," kata Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi Okezone, Selasa (21/5/2019).

Bahkan Allah Swt berfirman :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. Ali Imran: 92).

Donasi atau infaq bisa dilakukan dengan cara apa saja. Misalnya Anda infaq demi kelancaran program biaya pendidikan untuk anak-anak kaum dhuafa.

Berdasarkan data Menteri Pendidikan Indonesia 2017/2018, ada sekira 23% angka putus sekolah untuk siswa SMP. Sementara 36,3% untuk siswa SMA, yang dapat menjadi beban bangsa bila tidak segera diatasi.

Lewat #SedekahSeruCATCHPLAY, yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Pendidikan, Anda bisa mendonasikan sebesar Rp3 ribu, dari setiap transaksi koleksi Single Rental selama bulan.

"Selama Ramadan, orang bisa mudah membantu pendidikan anak-anak kurang mampu di Indonesia. Selanjutnya, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan," kata Chief Marketing Officer, APAC, Catchplay Roy Soetanto.

Kolaborasi ini diharapkan memberi dampak signifikan terutama bagi para penerima manfaat. Juga mampu menginspirasi masyarakat untuk bergerak membangun bangsa sehingga problematika sosial negeri ini akan lebih cepat terentaskan.

"Para movie lovers diharapkan bisa menjadi bagian dari perbuatan baik, dalam membantu para siswa Indonesia yang tidak bisa melanjutkan studi mereka," tuturnya.

Terlebih, lanjutnya, Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah di bidang sosial dan pendidikan yang harus diselesaikan. Sinergi dari banyak pihak seperti program sedekah ini diperlukan untuk mengentaskan rangkaian permasalahan tersebut, karena membawa negeri ini kepada kejayaannya adalah tanggung jawab kita bersama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini