nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengapa Banyak Orang Menikah di Bulan Syawal?

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 02:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 10 616 2064825 mengapa-banyak-orang-menikah-di-bulan-syawal-hKxU8lLPUB.jpg Ilustrasi orang menikah di Bulan Syawal

MENIKAH adalah fitrah manusia, bahkan bagi umat islam menikah berarti menyempurnakan setengah dari agamanya. Ada bulan-bulan tertentu di mana banyak umat Islam menikah, di antaranya di bulan Syawal. Lantas mengapa banyak orang menikah di bulan syawal?

Ternyata pilihan banyak orang menikah di bulan Syawal bukan tanpa alasan. Okezone telah mewawancarai Ustadz Kiki Alhaddad, Senin (10/6/2019) untuk menanyakan perihal itu, jawabannya,"Itu karena dahulu Nabi Muhammad menikahi Aisyah RA dibulan ini."

Nabi Muhammad adalah panutan bagi umat islam. Apapun yang dijalankan oleh Nabi Muhammad Pasti dilakukan oleh umat Islam, sebagai bentuk kecintaan umat islam kepadanya.

Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad menikahi Aisyah RA di bulan syawal maka dari itu banyak orang beranggapan menikah di bulan Syawal seperti halnya Nabi Muhammad akan menjauhkan hubungan rumah tangga mereka dari kehancuran.

Bahkan menikah di bulan Syawal adalah Sunnah yang di ajarkan Nabi Muhammad untuk umatnya. Aisyah RA bercerita: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

Di zaman Nabi Muhammad dahulu banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa menikah di bulan Syawal akan mendatangkan kesialan dan kehancuran bagi rumah tangga mereka. Sehingga dahulu para orangtua atau wali tidak ingin menikahi putri-putri mereka begitu juga para wanita tidak mau dinikahi pada bulan tersebut.

Lalu nabi Muhammad membantah keyakinan itu dengan menikah di bulan Syawal. Dan dari situlah Nabi Muhammad mematahkan keyakinan atau anggapan sial terhadap sesuatu yang bisa menjerumuskan seseorang kepada kesyirikan. Maka dari Itu sekarang banyak orang memilih untuk menikah di bulan Syawal seperti halnya Nabi Muhammad menikahi Aisyah RA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini