Dipercaya Masih Hidup Sampai saat Ini, Dimanakah Keberadaan Nabi Khidir & Ilyas?

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 13 616 2066025 dipercaya-masih-hidup-sampai-saat-ini-dimanakah-keberadaan-nabi-khidir-ilyas-OFaOfzS6Lx.jpg Bangunan Arsitektur Masjid (Foto: Pixabay)

NABI adalah manusia pilihan dari Allah SWT. Setiap nabi pastinya mendapatkan tugas masing-masing dari Allah SWT untuk menyampaikan kepada umatnya. Tidak terkecuali Nabi Khidir dan Nabi Ilyas.

Mereka adalah Dua nabi yang dipercaya masih hidup sampai saat ini. Namun dimanakah mereka berada dan apakah yang mereka lakukan? Tidak ada salahnya kita sebagai umat muslim untuk mengetahuinya.

Banyak yang mempertanyakan dimana keberadaan kedua nabi yang dipercayai masih hidup ini. Sebagian ulama menceritakan bahwa sesungguhnya Nabi Khidir itu putera Nabi Adam AS yang diciptakan dari tulang iganya.

Adapula yang mengatakan beliau itu cucunya Nabi Harun AS. Menurut ulama jumhur beliau itu masih hidup dan beliau tidak akan pernah meninggal terkecuali pada hari kiamat apabila AlQuran telah diangkat dan Dajjal telah membunuhnya.

Baca juga : 4 Nabi yang Dipercayai Masih Hidup Sampai saat Ini

Kemudian, Allah menghidupkannya kembali. Nabi Khidir bisa hidup hingga saat ini karena dahulu Nabi Khidir pernah meminum Air Keabadian. Sedangkan Nabi Ilyas bisa hidup hingga saat ini karena nabi Ilyas ketika hendak dicabut nyawanya Allah memberikan wahyu kepada malaikat untuk tidak mencabut nyawa nabi Ilyas agar Nabi Ilyas tetap bisa Berzikir kepada Allah SWT. lalu dimanakah Keberadaan mereka sekarang?

Di Kutip dari berbagai sumber, Kamis (13/06/2019) Di dalam kitab "Al-Asror Rabbaniyyah wal Fuyudhatur Rahmaniyyah" karya Syeikh Ahmad Shawi Al-Maliki halaman 5 diterangkan yang artinya sebagai berikut:

Telah berkata guru dari guru-guru kami, Sayyid Mushtofa Al-Bakri di dalam kitab tafsirnya bahwa, sesungguhnya Nabi Khidir dan Nabi Ilyas AS hidup kekal sampai hari kiamat. Ketika Siang hari Nabi Khidir AS berkeliling di sekitar lautan sambil memberi petunjuk kepada orang-orang yang tersesat di lautan. Sedangkan, Nabi Ilyas berkeliling di sekitar gunung-gunung sambil memberi petunjuk kepada orang-orang yang tersesat di gunung-gunung. Inilah kebiasaan mereka di waktu siang hari. Sedangkan di waktu malam hari mereka berkumpul di bukit Ya'juj wa Ma'juj dan mereka menjaganya.

Dan telah riwayatkan oleh Ibnu Asakir bahwa, sesungguhnya Nabi Khidir dan Nabi Ilyas itu berpuasa Ramadan di Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsha Palestina) dan mereka melakukan ibadah haji pada tiap-tiap tahun di Masjidil Haram (Makkah). Mereka minum air zamzam dengan sekali tegukan yang akan mencukupkan mereka. Dan diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, bahwa Nabi Khidir dan Nabi Ilyas berjumpa pada tiap-tiap tahun di Mina (Saudi Arabia). Mereka saling mencukur rambutnya secara bergantian. Kemudian mereka berpisah dengan mengucapkan doa:

بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ اللهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ ، مَا شَاءَ اللهُ كُلُّ نِعْمَةٍ مِنَ اللهِ ، مَا شَاءَ اللهُ اْلخَيْرُ كُلُّهُ بِيَدِ اللهِ ، مَا شَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إِلَّا اللهُ

Bismillahi ma sya-allahu la quwwata illa billahi ma sya-allahu kullun ni’matin minallahi ma sya-allahu al-khoiru kulluhu biyadillahi ma sya-allahu la yashrifus su-a illallahu.

“Dengan menyebut nama Allah, segala sesuatu atas kehendak Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Segala sesuatu atas kehendak Allah, segala nikmat dari Allah. Segala sesuatu atas kehendak Allah, segala kebaikan atas kuasa Allah. Segala sesuatu atas kehendak Allah, tak ada yang mampu menghindarkan keburukan kecuali Allah.”

Maka barangsiapa mengucapkan kalimat-kalimat ini pada waktu pagi dan sore hari, Niscaya ia akan aman dari tenggelam, kebakaran, pencurian, syaitan, sultan, ular, dan kalajengking. Inilah doa yang selalu di ucapkan oleh kedua nabi Allah SWT Nabi Khidir dan Nabi Ilyas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini