nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Jangan Buang Air Panas Sembarangan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 614 2066563 menurut-hadis-ini-sebab-larangan-buang-air-panas-sembarangan-E9aWfnVJqP.jpg Adab Membuang Air Panas (Foto: Pixabay)

TEMPAT lembap seperti kamar mandi, sumur, dan rumah tak berpenghuni seringkali dikaitkan sebagai tempat tinggal makhluk halus. Tak heran bila banyak mitos-mitos dan kepercayaan yang berkembang di tengah masyarakat tentang tempat tersebut.

Seperti larangan menyiram air panas di dalam kamar mandi. Tindakan ini dipercaya dapat membuat mahluk halus merasa terusik dan balas dendam apabila sampai mengenai mereka. Percaya atau tidak, ternyata sebuah anjuran bila Anda hendak membuang air panas di tempat tertentu.

Mengutip sebuah keterangan yang diunggah oleh akun @zamanakhir.id, Syaikh Abdurrahman al-Barrak pernah ditanya, apakah ada anjuran untuk membaca basmalah ketika seseorang membuang air panas?

Beliau mengatakan tidak mengetahui adanya dalil yang menganjurkan membaca basmalah secara khusus untuk kasus yang disebutkan.

"Akan tetapi, dengan menyebut nama Allah SWT, dipercaya dapat mengusir mahluk halus dan menghalangi kejahatan mereka. Sebagaimana kita dianjurkan untuk membaca basmalah ketika tidur atau ketika masuk rumah," tutur Syaikh Abdurrahman al-Barrak.

Oleh karena itu, bila seseorang hendak membuang air panas di tempat-tempat yang mungkin dihuni mahluk halus, akan lebih baik diiringi dengan bacaan basmalah.

Jika seseorang membaca basmalah, mereka bisa menjauhkan diri dari kekhawatiran akan dampak kejahatan setan. (al-Arak Majmu' Fatawa al-Barrak).

Unggahan tersebut rupanya mendapat banyak komentar menarik dari para netizen.

"Biasanya abis masak mi, air rebussn mi dibuang ke wastafel sambil nyebut Allahu Akbar dan bilang permisi. Pernah dengar cerita dari orang dulu, kalau buang air panas sembarangan itu bisa diteror (kesurupan) terus menerus sampai si jin mau memaafkan dan pulih cederanya," tulis akun @syfrnldyhakim

"Jin kan dari api masa kena air panas sakit," tulis akun @enriboyx

"Tapi jangan ucap basmalah di WC ya, ada larangan menyebut nama Allah di WC/tempat kotor," tulis akun @muhdyss

"Gue sering malah abis nyiram pakai air panas, gue airam lagi pakai air dingin," tulis akun @indonesia_capt46

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini