nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah 7 Manfaat Wudhu yang Luar Biasa

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 13:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 17 616 2067288 inilah-7-manfaat-wudhu-yang-luar-biasa-99L2RWenRg.jpg Manfaat Wudhu (Foto: Pixabay)

WUDHU merupakan aktifitas mensucikan diri dari hadas kecil. Karena bersuci merupakan syarat untuk kita melaksanakan ibadah salat. Selain digunakan untuk mensucikan diri dari hadas kecil, ternyata ada beberapa manfaat lain wudhu untuk diri kita.

6. Menghapuskan dosa-dosa masa lalu

Selain untuk menghapuskan dosa yang dilakukan oleh anggota tubuh kita, berwudhu juga bisa menghapuskan dosa dosa masa lalu. Seperti sabda Rasulullah : "Jika ada yang melakukan wudhu sepertiku, dan melakukan salat dua rakaat di mana ia tidak memikirkan hal lain, maka dosa masa lalunya akan diampuni." (H.R Bukhari)

7. Dicintai Allah SWT

Berwudhu juga akan membuat Allah SWT mencintai seorang hambanya. Jika kita sudah dicintai oleh Allah maka insyaallah segala urusan kita akan dipermudah oleh nya. Salah satu cara untuk mendapatkan cinta Allah adalah dengan memperbanyak wudhu. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya : “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

1. Sebagai pengampunan

Setiap anggota tubuh kita nantinya akan bersaksi di hadapan Allah SWT, tentang apa yang sudah dilakukan. Maka wudhu dapat membersihkan anggota tubuh kita dari dosa.

Hal tersebut sesuai dengan Hadist Rasulullah yang artinya : "Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, kemudian dia membasuh wajahnya maka akan keluar dari wajahnya bersama air itu -atau bersama tetesan air yang terakhir- segala kesalahan yang dia lakukan dengan pandangan kedua matanya. Apabila dia membasuh kedua tangannya maka akan keluar dari kedua tangannya bersama air itu -atau bersama tetesan air yang terakhir- segala kesalahan yang dia lakukan dengan kedua tangannya. Apabila dia membasuh kedua kakinya maka akan keluar bersama air -atau bersama tetesan air yang terakhir- segala kesalahan yang dia lakukan dengan kedua kakinya, sampai akhirnya dia akan keluar dalam keadaan bersih dari dosa-dosa.” (HR. Muslim dalam Kitab at-Thaharah)

2. Mendapatkan doa dari malaikat

Ketika kita tidur dalam keadaan berwudhu, malaikat akan turun dan berdoa kepada Allah supaya hambanya diampunkan dosanya.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan Malaikat berdoa: 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena ia tidur dalam keadaan suci'." (HR Ibnu Hibban 3/329).

3. Mengontrol emosi

Ketika kita mengambil tindakan dalam keadaan emosional, maka sebenarnya yang mengambil tindakan tersebut bukan lah kita, melainkan nasfu kita. Dalam hadist yang diriwayatkan Ahmad dan Abu dawud, bahwa Rasulullah bersabda "Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu."

4. Sebagai tanda

Ketika hari kiamat, maka semua umat manusia akan dibangkitkan kembali dari mulai nabi adam sampai keturunan terakhirnya. Semua orang ingin menjadi pengikut Rasulullah di kala itu, karena hanya beliaulah yang mempunyai syafaat, maka basuhan air wudhu akan membuat wajah kita bercaya kelak, serta menandakan bahwa kita adalah umatnya.

5. Meningkatkan derajat di sisi Allah

Selain sebagi tanda, berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seseorang di sisi Allah SWT.

Rasulullah bersabda : "Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim).

1
8

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini