nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya Al Ahsa, Situs Arkeologi di Arab Saudi

Intan Afika, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 15:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 21 615 2069222 indahnya-al-ahsa-situs-arkeologi-di-arab-saudi-5fktHaBnSZ.jpg Budaya Al Ahsa yang indah (Foto: Arab News)

Negara Islam Arab Saudi semakin gencar mempromosikan pariwisatanya sejak Pangeran Muhammed  Bin Salman berkuasa. Mereka semakin agresif mengembangkan wisatanya demi meningkatkan jumlah wisatawan.

Al Ahsa salah satu andalan wisata mereka. Al Ahsa merupakan sebuah oasis yang kaya dengan tanah hijau dan sumber mata air. Di wilayah ini, banyak ditemukan peradaban kuno yang berumur sekitar 6.000 SM.

Al Ahsa

(Foto: Arab News)

Dikutip dari Arab News pada Jumat (21/06/2019), nama Al Ahsa diambil dari sifat tanahnya yang dalam bahasa Arab merupakan kata jamak dari Al Hisa, artinya mengacu pada pasir yang terakumulasi dengan dasar yang kuat di bawahnya.

Tempat ini berisi situs arkeologi dan sejarah paling terkemuka di Arab Saudi. Selain itu, Al Ahsa juga telah mencapai tiga penghargaan dari Arab dan dunia internasional dalam empat tahun terakhir.

Pada 2015, Al Ahsa menjadi kota pertama yang menjadi bagian Jaringan Kota Kreatif UNESCO atau UNESCO Creative Cities Network (UCCN) di bidang kerajinan tangan dan seni rakyat.

Jaringan ini mengajak 180 kota dari 72 negara untuk menampilkan kreativitas serta industri budaya mereka di pusat rencana pembangunan pada tingkat lokal. Selain itu juga bertujuan untuk bekerjasama secara aktif di tingkat Internasional.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini