nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nabi Bersabda di Surga Ada Istana Tanpa Atap, Pintu dan Jendela, untuk Siapa?

Jum'at 28 Juni 2019 00:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 27 330 2071760 nabi-bersabda-di-surga-ada-istana-tanpa-atap-pintu-dan-jendela-untuk-siapa-6kMSzTOwXO.jpg Ilustrasi Istana di Surga (Foto: Freeepik)

SURGA adalah ciptaan Allah SWT yang diperuntukkan bagi hamba hamba-nya yang bertakwa dan taat kepada-NYA, dan tentunya kita tidak bisa mengetahui keindahan surga seperti apa? Yang jelas surga adalah tidak ada bandingannya di dunia fana ini, hanya di gambarkan dengan bahasa yang difahami manusia.

Karena memang keindahan dan kenikmatan di surga sungguh luar biasa, tidak bisa di samakan dengan yang ada di dunia. Perbedaan kenikmatan dunia dan surga adalah jika di dunia 1% dengan rahman-Nya, kenikmatan di surga adalah 99%, inilah sifat rahimnya Allah SWT.

Di dalam surga banyak sekali istana yang begitu megah nan indah menawan. Salah satunya istana megah namun tidak memiliki atap, tiang, pintu dan jendela. Istana ini pernah di jelaskan oleh Nabi SAW. Para sahabat pun terheran-heran bagaimana penghuninya memasuki istana tersebut.

Hadits yang menceritakan tentang istana ini termaktub dalam kitab hadits Arba'in Al Buldaniyah (kitab 40 hadis dari 40 ulama dunia) yang disusun olah ulama asal Indonesia, Syekh Muhammad Yasin bin Isa Al Padani, hadist-nya sebagai berikut:

عن أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " إِنَّ فِي الْجَنَّةِ لَغُرَفًا لَيْسَ لَهَا مَعَالِيقُ مِنْ فَوْقِهَا وَلا عِمَادٌ مِنْ تَحْتِهَا " ، قِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَكَيْفَ يَدْخُلُهَا أَهْلُهَا ؟ قَالَ : يَدْخُلُونَهَا أَشْبَاهَ الطَّيْرِ ، قِيلَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَنْ هِيَ ؟ قَالَ : " لأَهْلِ الأَسْقَامِ وَالأَوْجَاعِ وَالْبَلْوَى " .

Diriwayat kan dari Anas bin Malik radiyaallohu anhuma ia berkata, Rasulullah bersabda, di dalam surga ada istana yang tidak memiliki atap dan tiangnya, dan sahabat bertanya, ya Rasulullah bagaimana penghuninya memasuki istana tersebut?

Nabi menjawab, mereka memasukinya seperti burung, kemudian sahabat bertanya lagi, siapakah mereka ya Rasulullah? Nabi menjawab, mereka adalah orang orang yang sakit, orang orang yang dalam kesulitan dan kekurangan, dan orang orang yang terkena musibah bencana.

Hadits ini menjelaskan bahwa ada 3 golongan yang akan mendapatkan istana yang menawan tanpa atap, tiang, pintu dan jendela. Bahkan 3 golongan ini memiliki kelebihan, yaitu bisa terbang seperti burung, sangat indah sekali, karena memang istana tersebut tidak memiliki pintu ataupun jendela. Ketiga golongan tersebut adalah:

Pertama, golongan orang-orang yang sabar dalam menerima sakit yang diberikan Allah SWT, termasuk juga bagi keluarganya yang bersabar merawat yang sakit, dan ikhlas merawatnya. Bisa istri, anak-anaknya, ataupun saudaranya.

Kedua, golongan orang-orang yang sabar dalam kesulitan, karena yakin bahwa kesulitan adalah dari Allah SWT. Ketiga adalah golongan orang-orang yang sabar dalam menghadapi cobaan dan musibah.

Ketiga golongan inilah yang akan mendapatkan kelebihan di surganya Allah SWT, yaitu bisa beterbangan ke sana kemari seperti burung. Semoga kita senantiasa terus bersyukur atas segala nikmat yang diberikan dan terus bersabar dengan cobaan yang diberikan Allah SWT. Juga apabila di antara kita ada yang sedang sakit, semoga terus bersabar, juga keluarganya ikhlas merawatnya karena balasannya adalah surga dari Allah SWT.

Oleh: Ustadz Mahfud Said

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini