nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diserbu Pertanyaan Sudah Disunat Belum, Begini Jawaban Deddy Corbuzier

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 10:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 02 614 2073500 diserbu-pertanyaan-sudah-disunat-belum-begini-jawaban-deddy-corbuzier-S0NFjF67Pe.jpg Deddy Corbuzier jawab pertanyaan sudah disunat atau belum (Foto : Deddy Corbuzier/Youtube)

Setelah resmi menjadi mualaf Deddy Corbuzier terus mendalami ajaran Islam. Lewat unggahan video terbarunya, pria bertubuh atletis itu mengajak Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Gus Miftah, untuk berbincang ringan membahas kehidupannya pasca memeluk Islam.

Pada awal video, Gus Miftah langsung melontarkan sebuah pertanyaan menggelitik kepada Deddy Corbuzier. “Setelah lo masuk Islam apa yang paling banyak ditanyakan orang-orang?” tanya Gus Miftah kepada Deddy.

Deddy secara spontan mengaku bahwa satu minggu setelah menjadi mualaf, ia mendapat banyak pertanyaan dari para penggemar dan orang-orang di sekitarnya, apakah Azka akan ikut mualaf?

Hingga pertanyaan super kocak yang selama ini membuat para netizen Indonesia penasaran, apakah ia sudah disunat? Bahkan Gus Miftah sendiri juga turut dibrondong oleh pertanyaan tersebut oleh teman-temannya.

“Banyak orang yang bilang ke gue, ‘Gus Miftah kan dekat sama Deddy, coba tanyain udah sunat belum? Anehnya yang nanya pertanyaan ini 90% tanya cowok. Gue bilang aja, ‘Kebayang enggak kalau saya yang buka, orang tingginya 2 meter badannya berotot, begitu buka celananya bisa pingsan saya,” tutur Gus Miftah sembari tertawa terbahak-bahak.

Deddy Corbuzier

Mendengar pertanyaan itu, Deddy mengatakan bahwa ia sedari dulu sudah memang sudah dikhitan atau sirkumsisi karena alasan kesehatan.

"Kalau sunat itu kan juga untuk kesehatan, itu sudah dari dulu. Azka juga sudah sunat, apalagi babehnya," terang Deddy Corbuzier.

Sebagaimana diketahui, khitan merupakan bagian dari syariat Islam dan termasuk dalam bagian fitrah. Rasulullah bersabda :

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِب

“Fitrah itu ada lima perkara : khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis “ (H.R Muslim 257).

anak mau disunat

Fitrah adalah sunnah yang merupakan ajaran agama para Nabi ‘alaihimus salam. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan, “ Fitrah ada dua jenis. Pertama adalah fitrah yang berkaitan dengan hati, yaitu ma’rifatullah (mengenal Allah) dan mencintai-Nya serta mengutamakan-Nya lebih dari yang selain-Nya. Kedua yaitu fitrah amaliyyah, yaitu fitrah yang disebutkan dalam hadits di atas.

Fitrah jenis yang pertama menyucikan ruh dan membersihkan hati sedangkan fitrah yang kedua menyucikan badan. Keduanya saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Yang utama dan pokok dari fitrah badan adalah khitan”

Kendati demikian, sebagian ulama berselisih pendapat tentang hukum khitan. Menurut Imam Ibnu Qudamah, "Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki dan merupakan kemuliaan bagi wanita namun hukumnya tidak wajib. Ini merupakan pendapat mayoritas ulama."

anak siap disunat

Dari segi medis, Dokter Spesialis Bedah anak, dr Yessi Eldiyani, Sp. BA mengatakan bahwa sirkumsisi atau khitan memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Sirkumsisi bisa menurunkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih, menjaga terjadinya balanitis dan balanopostitis.

"Tidak hanya itu, sirkumsisi juga dapat mencegah terjadinya fimosis dan paraphimosis, yaitu ketika kulup tidak bisa ditarik kembali dan terjebak di sekitar ujung Mr P," terang dr Yessi Eldiyani saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Selasa (2/7/2019).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini