nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernikahan Sedarah Sama dengan Zina?

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 614 2073675 pernikahan-sedarah-sama-dengan-zina-9V1RftBgWp.jpg Pernikahan sedarah sama dengan zina(Foto: Readers Digest)

KASUS pernikahan sedarah antara kakak kandung yang menikahi adik kandungnya di Bulukumba, kini tengah hebohkan publik. Banyak dampak yang dihadapi secara medis, bahkan secara Islam, pernikahan seperti itu hukumnya haram.

Menurut kabar yang beredar luas, pernikahan sedarah itu tetap dilaksanakan, namun buku nikah belum diterbitkan. Tahu ada kasus ini, ternyata istri sang pelaku incest HE (28) melaporkan AM (32) dugaan selingkuh dengan adik kandung pelaku ke kepolisian setempat.

Sementara itu, berdasarkan hukum Islam, Wakil Ketua MUI Yunahar Ilyas menegaskan, pernikahan sedarah dalam Islam hukumnya haram. Oleh karenanya, seharusnya kejadian ini dibatalkan sebelum penghulu menikahkan.

Pernikahan sedarah

"Pernikahan sedarah haram, jadi harus dibatalkan. Sayangnya di Indonesia itu baru ada hukum yang mengesahkan perkawinan," terang Yunahar ditemui di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Yunahar menambahkan, bagi yang melanggar untuk saat ini memang tidak ada hukumannya. Hanya saja pernikahan sedarah tersebut tidak sah dan tidak diakui secara agama.

"Mungkin ke depannya bisa dipikirkan lagi bahwa perkawinan terlarang secara agama, ya ada sanksinya," imbuh Yunahar.

Ketika pernikahan tidak sah, tentu pasangan tidak punya hak-hak menikah yang telah ditentukan di dalam Islam. Walau diberikan surat nikah, pernikahan sedarah sama dengan berzina.

"Secara agama Islam itu jelas sangat tidak diperbolehkan, haram. Dari segi kedokteran pun ahli mengatakan berbahaya kalau terjadi pernikahan sedarah," pungkas Yunahar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini