Poligami Sering Ditakuti Banyak Wanita, Ini Penjelasan Ulama

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 03 614 2074133 poligami-sering-ditakuti-banyak-wanita-ini-penjelasan-ulama-xl3ULIl8dq.jpg Pria berpoligami harus adil (Foto: Islami City)

Fenomena pria nikah lagi alias poligami tengah marak terjadi di Indonesia. Banyak wanita takut dengan poligami. Pada dasarnya dalam Islam poligami diperbolehkan asalkan tidak sembarangan dilakukan, karena ada syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi.

Menurut pandangan ulama, lebih baik pria menikah lagi kalau mampu daripada selingkuh dan berzina. Tapi seorang pria yang ingin menikah lagi atau poligami  harus berlaku adil kepada para istrinya kelak. Namun sayangnya tak semua pria mampu berbuat adil, makanya lebih baik menikah dengan satu wanita saja. Sebab hukumannya neraka jika tak adil.

 Suami menikah lagi

(Foto: Hiveminer)

"Orang menikah lagi kok disalahkan. Yang salah itu berzina, selingkuh. Dalam Islam menikah lagi boleh, asal terpenuhi syaratnya," ujar Wakil Ketua MUI Yunahar Ilyas saat ditemui di Kantor MUI, Selasa (2/7/2019).

Yunahar menjelaskan, syarat pertama yang harus dipenuhi oleh seorang pria yang ingin berpoligami yakni tidak hanya mampu berlaku adil, tapi juga mengerti makna adil yang sebenarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Tak usah bicara poligami, ketika pria berkeluarga saja harus bersikap adil di dalam keluarganya. Ini juga jadi syarat wajib seorang Muslim yang baik.

Bukan cuma adil, perilaku orang yang akan berpoligami juga tidak boleh menyimpang. Juga tanggung jawab kepada istri sebelumnya tidak banyak sehingga bisa semakin adil.

Kalau misalnya ingin poligami, tapi sebelumnya punya anak banyak, maka tanggung jawab kepada istri keduanya kelak jadi lebih berat. Ingat, tugas seorang pria yang menikah tak hanya menafkahi istrinya, tetapi juga anak-anaknya.

Namun sangat disayangkan, menurut Yunahar, banyak pria yang sembarangan ingin berpoligami sebab biasanya hanya menuruti nafsu birahi belaka, tanpa bisa bersikap adil.

"Selama ini kan yang banyak nikah lagi orang yang nekat-nekat. Kalau orang memenuhi syarat menikah tidak masalah itu urusan pribadi. Tapi poligami itu bukan hukum asal ya," beber Yunahar.

Bahkan di zaman Nabi, sambung Yunahar, ada lelaki yang istrinya 11. Bahkan bukan cuma satu orang, perempuan pun bisa punya suami banyak jadi poliandri.

"Poligami udah ada di zaman itu, lalu datang Islam meluruskan semuanya. Sejak saat itu juga tidak ada poliandri," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya