nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Para Istri Nabi dan Kebaikannya

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 04 614 2074608 mengenal-para-istri-nabi-dan-kebaikannya-WOsqIFU2sN.jpg Nabi datang ke tanah Arab untuk menyebarkan Islam (Foto: 4usky)

Ummul Mukminin merupakan gelar khusus yang di berikan kepada para istri Nabi Muhammad SAW. Ummul Mukminin sendiri artinya ibu dari orang-orang yang beriman.

 salat

(Foto: About Islam)

Gelar tersebut menegaskan, para istri Nabi Muhammad SAW merupakan wanita terpilih dan dimuliakan Allah SWT. Adapun Istri – Istri Nabi itu antara lain:

1. Khadijah binti Khuwalid

Khadijah R.A merupakan Istri pertama Nabi Muhammad SAW. Khadijah adalah wanita asal Quraisy yang terkenal dengan kemuliannya dari sisi akhlak dan kemuliannya. Pada saat dinikahi Nabi, Khadijah merupakan janda yang berusia 40 tahun, sedangkan Nabi berusia 25 Tahun. Dari pernikahan tersebut Nabi dikaruniai 6 orang anak yaitu Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummu Qultsum, dan Fatimah.

2. Saudah binti Zam’ah

Setelah Khadijah Wafat pada usia 65 Tahun, Nabi pun menikahi wanita Quraisy bernama Saudah binti Zam’ah. Ummul Mukmin yang satu ini juga merupkan janda yang memiliki 5 orang anak. Beberapa ulama mengatakan Saudah dinikahi Nabi pada usia 55 tahun. Ia merupakan istri yang berbakti dan taat kepada Nabi.

3. Aisyah binti Abu Bakar

Salah satu istri Nabi yang paling dikenal umatnya adalah Aisyah binti Abu Bakar. Dia adalah anak dari Sahabat Rasulullah SAW yaitu Abu Bakar Assidiq. Berbeda dengan kedua istrinya di atas, Aisyah dinikahi Rasulullah ketika masih gadis. Pernikahan dengan Aisyah terjadi atas perintah Allah SWT yang datang melalui mimpi Rasulullah SAW.

Hal itu dijelaskan oleh Nabi yang terdapat dalam Hadist yang artinya, “Aku melihatmu (Aisyah) dalam mimpiku selama tiga malam. Malaikat datang membawamu dengan mengenakan pakaian sutra putih. Malaikat itu berkata, ‘Ini adalah istrimu’. Lalu kusingkapkan penutup wajahmu, ternyata itu adalah dirimu. Aku bergumam, ‘Seandainya mimpi ini datangnya dari Allah, pasti Dia akan menjadikannya nyata’. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Hafshah binti Umar bin Al-Khatab

Hafshah adalah Wanita Quraisy yang juga merupakan janda. Sebelumnya Hafshah adalah istri dari pahlawan perang badar. Sayyidina Umar pun mencari laki-laki yang baik sebagai pengganti suami putrinya. Lalu Rasulullah pun meminang Hafshah saat usianya 21 tahun.

5. Zainab binti Khuzaimah

Sama seperti Hafshah binti Umar bin Khatab, Zainab juga seorang janda. Sebelumnya suami Zainab juga merupakan pahlawan perang Uhud, Abdullah bin Jahsy. Rasulullah menikahinya tepat pada bulan Ramadhan tahun 3 H pada usia 30 tahun. Namun pernikahan tersebut tidak bertahan lama, setelah 8 bulan menikah, Zainab binti Khuzaimah Wafat.

 

6. Ummu Salamah

Nama Asli Ummu salamah adalah Hindun binti Umayyah. Ummu salamah juga merupakan seorang Janda yang dinikahi Rasulullah pada usia 28 tahun. Sebelum dinikahi Rasulullah Ummusalamah janda muhajirin yang pertama memeluk Islam, yaitu Abu Salamah Abdullah bin Abdul Asad al makhzumi al quraisy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini