Saat Ayat Basmalah Diturunkan, Allah Menghentikan Kehidupan di Dunia!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 614 2075171 saat-ayat-basmalah-diturunkan-allah-menghentikan-kehidupan-di-dunia-WdElUIzbur.jpg Dunia menjadi sunyi saat ayat Basmalah diturunkan (Foto: Pixabay)

Keistimewaa Basmalah atau 'Bismillahirrahmanirrahim' sudah banyak diketahui publik. Bahkan para sahabat Nabi menyepakati ayat ini diucapkan sebelum membaca Kitabullah.

Saking luar biasanya ayat ini, menurut penjelasan Ustadz Mahfud Said, Allah SWT hanya menurunkan Basmalah pada dua nabi, yaitu Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana hadis berikut:

Alquran 

(Foto: Pixabay)

"Dari Abu Buraidah, dari ayahnya, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda, Telah diturunkan kepadaku suatu ayat yang belum pernah diturunkan kepada seorang nabi pun selain Sulaiman ibnu Daud dan aku sendiri, yaitu bismillahir rahmanir rahim (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang)."

"Begitu pentingnya ayat Basmallah sehingga memulai pekerjaan apa pun disarankan untuk diawali dengan Basmallah, seperti mau makan disunahkan memulai dengan Basmallah," katanya pada Okezone melalui pesan singkat, Jumat (5/7/2019).

Pernyataan itu juga seperti sabda Nabi, "Ucapkanlah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah makanan yang dekat denganmu."

Juga pada saat berwudhu, Nabi bersabda, "Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut asma Allah (bismillah) dalam wudhunya".

Ustadz Mahfud melanjutkan, Nabi juga bersabda ketika akan berhubungan dengan istri, disarankan mengucap Basmalah, seperti pernyataannya dalam hadis ini:

"Seandainya seseorang di antara kalian hendak mendatangi istrinya, lalu dia mengucapkan, Dengan menyebut asma Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau rezekikan (anugerahkan) kepada kami, karena sesungguhnya jika ditakdirkan terlahirkan anak di antara keduanya, niscaya setan tidak dapat menimpakan mudarat terhadap anak itu untuk selama-lamanya."

Bahkan Rasulullah SAW menyatakan, setiap memulai pekerjaan, usahakan diawali dengan Bismillah.

"Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bacaan bismillahir rahmanir rahim (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang), maka perkara itu kurang sempurna".

"Subhana Allah, betapa pentingnya ayat Bismillahirrahmanirrahim dalam setiap gerak perbuatan yang kita lakukan," tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Momen turunnya Basmalah

Di sisi lain, pada saat ayat Basmallah diturunkan, keadaan pun sunyi, angin pun terhenti, air laut berhenti bergolak, dan setan-setan dirajam dari langit.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir ibnu Abdullah yang menceritakan bahwa ketika diturunkan kalimat berikut: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, maka seluruh awan lari ke arah timur, angin hening tak bertiup, sedangkan lautan menggelora, semua binatang mendengar melalui telinga mereka, dan semua setan dirajam dari langit.

Pada saat itu Allah Subhanahu wa Ta'ala bersumpah dengan menyebut keagungan dan kemuliaan-Nya bahwa tidak sekali-kali asma-Nya (yang ada dalam basmalah) diucapkan terhadap sesuatu melainkan Dia pasti memberkatinya.

 

"Mudah mudahan kita semua senantiasa dan membiasakan melakukan pekerjaan apapun dengan mengawalinya dengan Basmalah, semoga bermanfaat," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya