Jutawan Uni Emirat Arab Berencana Tarik Gunung Es untuk Dijadikan Atraksi Wisata

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 615 2076730 jutawan-uni-emirat-arab-berencana-tarik-gunung-es-untuk-dijadikan-atraksi-wisata-AWte30saoM.jpg Jutawan UEA mau tarik gunung es (Foto: Mirror)

Curah hujan di Uni Emirat Arab (UEA) dinilai rendah. Oleh karena itu tak heran jika negara tersebut dilanda kekeringan. Pemerintah setempat telah melakukan sejumlah cara untuk mengatasi masalah tersebut. Namun ada pula pihak swasta yang hendak membantu mencari solusi.

Salah satunya perusahaan National Advisor Bureau Limited. Direktur pelaksana perusahaan yang juga merupakan seorang jutawan di Uni Emirat Arab, Abdulla Alshehi berencana menarik gunung es ke UEA sebagai bentuk upaya menyediakan air. Ia berharap bisa menarik bongkahan es besar berukuran 1,2 mil x 550 yard.

 gunung es

(Foto: Mirror)

Jika rencana berjalan lancar, gunung es tersebut akan ditarik sejauh 8.800 km dari Pulau Heard di dekat Antartika menuju lepas pantai Fujairah. Tempat tersebut merupakan sebuah kota pantai kecil di Teluk Oman dan salah satu dari tujuh emirat yang membentuk UEA.

Gunung es akan ditarik menggunakan kapal yang dimodifikasi. Nantinya gunung es diharap dapat mengubah iklim Fujairah dengan cara menarik udara lembap yang sejuk dan menghasilkan curah hujan.

Abdulla mengklaim rencana perusahaannya ini memakan biaya yang lebih murah dan lebih ramah lingkungan daripada penggunaan tanaman desalinasi yang sangat merusak kehidupan laut. “Sesuai analisis kami, akan lebih murah untuk membawa gunung es ini daripada menggunakan air desalinasi yang diperoleh dengan melepaskan garam dari air laut. Pabrik desalinasi membutuhkan investasi modal dalam jumlah besar dan berarti memompa sejumlah besar air laut ke teluk yang dapat membunuh ikan dan kehidupan laut,” ujarnya seperti dilansir Mirror, Selasa (9/7/2019).

Selain bermanfaat untuk menyediakan air dalam jumlah besar, rencana penarikan gunung es diharapkan dapat berfungsi lainnya. Yakni jadi daya tarik wisata yang unik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengan demikian wisatawan dari berbagai negara Muslim di sekeliling lainnya merasa tertarik untuk datang melihat langsung cara kerja penyediaan air. Abdulla menjelaskan, sesampainya di tujuan nanti, pekerja akan menambang gunung es untuk ketersediaan air di fasilitas spesialis.

Gunung es akan disaring dan diproses sehingga mampu menyediakan sejumlah air murni untuk dikonsumsi manusia. Perusahaan mengklaim bila gunung es tersebut rata-rata mengandung lebih dari 20 miliar galon air sehingga mampu memenuhi kebutuhan air bagi warga setempat.

Sekadar informasi, cara tersebut sebenarnya pernah dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi pada tahun 1977. Namun skema tersebut gagal karena adanya kesulitan teknis.

Untuk menghindari terjadinya hal yang sama, perusahaan Abdulla menggunakan cara lain yaitu mengikat gunung es dengan sabuk logam sebelum ditarik melintasi Samudra Hindia. Cara ini membuat gunung es hanya kehilangan 30 persen massanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya