Share

Suami Langsung Beri Talak Tiga, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Rabu 31 Juli 2019 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 31 614 2085987 suami-langsung-beri-talak-tiga-bagaimana-hukumnya-dalam-islam-USxBagr4dR.jpg Suami mentalak istrinya (Foto: Though Co)

Rupanya Parlemen India menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang membuat praktik 'talak tiga' sebagai sebuah kejahatan kriminal di negara tersebut. Melalui 'talak tiga', seorang suami bisa menceraikan istrinya dengan mengulangi kata 'talak' (perceraian) tiga kali dalam bentuk apa pun, termasuk via email maupun pesan teks di WhatsApp.

Perempuan India tolak talak tiga

Praktik 'talak tiga' selama ini sering digunakan oleh pria Muslim untuk bercerai dengan istri mereka. Terkadang juga digunakan secara semena-mena.

Akibatnya Mahkamah Agung India menyatakan praktik tersebut tidak konstitusional pada 2017 dan sekarang jadi kejahatan kriminal. Pendukung kriminalisasi 'talak tiga' beralasan membantu melindungi wanita Muslim. Sementara para oposisi mengatakan, hukuman yang keras rawan untuk disalahgunakan.

Berdasarkan RUU tersebut, para pria yang melanggarnya dapat dijatuhi hukuman penjara hingga tiga tahun. Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India mendukung RUU tersebut, sementara partai oposisi utama Kongres menentangnya. Akhirnya RUU soal talak tiga itu disahkan.

Jika suami mentalak istri dengan 3 kali talak dalam satu momen, bagaimana hukumnya dalam Islam?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kasus semacam ini kadang ditemui dalam kehidupan rumah tangga. Suami langsung mentalak istrinya dengan kalimat, "Saya talak kamu, saya talak kamu, saya talak kamu!"

Menurut pendapat Imam Syafiโ€™i, 'talak tiga' seperti itu hukumnya mubah dan dianggap 'talak tiga'. Sedangkan menurut Imam Malik dan Imam Abu Hanifah 'talak tiga' semacam ini hukumnya haram namun tetap dianggap 'talak tiga'.

Sementara itu, Ibnul Qayyim menyatakan, 'talak tiga' dalam sekali ucap dihukumi haram dan dianggap hanya jadi 'satu talak'. Pendapat ini yang diakui para tabiโ€™in. Karena alasan ini, India berusaha melindungi perempuan dari talak yang semena-mena oleh suaminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini