nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 11 Agustus

Kamis 01 Agustus 2019 13:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 01 614 2086355 muhammadiyah-tetapkan-idul-adha-11-agustus-Ig2znbEzvP.jpg Sapi untuk dikurbankan pada Idul Adha (Foto: ABC)

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu 11 Agustus 2019. Muhammadiyah menetapkan Idul Adha ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang jadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah selama ini.

 Sapi untuk kurban

Dalam sebuah surat yang beredar yang diposting di Instagram Lensamu, disebutkan Idul Adha ditetapkan oleh Muhammadiyah pada Ahad Pon yakni 11 Agustus 2019 yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1440 H.

"Demikian maklumat ini disampaikan untuk dilaksanakan dan agar menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita," kata keterangan yang diunggah Lensamu.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Yunahar Ilyas menjelaskan, penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal oleh Majelis Tarjih dan Tahdid PP Muhammadiyah. Beliau yakin, penetapan Hari Raya Idul Adha yang ditetapkan Muhammadiyah, kemungkinan besar sama dengan hasil sidang isbat Kementerian Agama yang akan dilakukan. "Insya Allah sama dengan pemerintah,” katanya.

Ia juga mengaku tidak terlalu khawatir kalau ada perbedaan. Sebab perbedaan penetapan Idul Adha tak usah jadi masalah. Namun jika penetapan Hari Raya Idul Adha di Indonesia berbeda dengan penetapan Arab Saudi malah itu yang dikhawatirkan.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat penetapan awal bulan Zulhijjah 1440 H hari Kamis ini.

Kemenag melalui sidang isbat juga akan menentukan kapan umat Muslim di Indonesia merayakan Idul Adha. Mereka menunggu hal ini untuk mempersiapkan berbagai ibadah menyambut Idul Adha.

Seperti diketahui sidang isbat Idul Adha akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

1
2

Berita Terkait

Idul Adha

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini