Ini Keutamaan Puasa Arafah

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 614 2090062 ini-keutamaan-puasa-arafah-hbRsmwZAcT.jpg Puasa Arafah untuk mendapat pahala (Foto: The Conversation)

Hari Raya Idul Adha 1440 H tinggal menghitung hari. Hari Raya Idul Kurban tersebut dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijah, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019.

 Keutamaan puasa Arafah

Dzulhijah merupakan salah satu bulan istimewa di kalender qamariyah, selain bulan suci Ramadhan. Ada berbagai amalan yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan istimewa ini, salah satunya adalah puasa Arafah.

Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijah. Disebut sebagai puasa Arafah karena hari itu bertepatan dengan pelaksanaan wukuf di Padang Arafah oleh jemaah haji.

Jadi, puasa ini hukumnya sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Dilansir dari akun Instagram @indonesiatanpapacaran pada Jumat (9/8/2019), Keutamaan puasa Arafah adalah dapat menghapuskan dosa tahun lalu dan yang akan datang.

"Rasulullah bersabda, : puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa tahun lalu dan setahun akan datang. Sementara puasa hari As-Syura (10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas," (HR. Muslim, no. 1162)

Sejumlah ulama juga berpendapat bahwa pusa Arafah memiliki banyak keistimewaan lain. Di antaranya adalah, Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama dua tahun, yakni tahun lalu dan yang akan datang.

Jadi, orang yang menjalankan puasa tersebut akan dijaga dari perbuatan dosa selama dua tahun. Selain itu, orang yang berpuasa Arafah juga terhindar dari siksa api neraka.

Tahun ini puasa Arafah jatuh pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Lantas bolehkan berpuasa sunah pada hari Sabtu? Jawabannya adalah boleh. Karena hari yang diharamkan berpuasa hanyalah hari-hari tasyrik saja.

Puasa Arafah merupakan amalan sunnah muakkad serta menjaga kita dari dosa-dosa setahun lalu dan berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini