nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istri atau Ibu, Mana yang Harus Diutamakan?

Muhammad Nazri, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 614 2091755 istri-atau-ibu-mana-yang-harus-diutamakan-cEkKYrTrZF.jpg Perempuan sering cemburu kalau suami mengutamakan orang lain (Foto: About Islam)

Laki-laki yang sudah berkeluarga memiliki dua tanggung jawab. Pertama tanggung jawabnya sebagai seorang suami dan kepala keluarga bagi istrinya.

 Suami harus bertanggung jawab kepada istri

Kedua, suami tanggung jawabnya sebagai seorang anak laki-laki adalah menafkahi dan merawat orangtuanya. Hal itu harus dilakukan secara seimbang.

Dua hal tersebut jika tak dilakukan dengan adil bisa menjadi tantangan bagi seorang laki-laki. Sebab hal itu bisa menjadi sumber masalah rumah tangga.

Sang ibu meminta anak laki-lakinya untuk merawat dirinya. Sementara sang istri cemburu karena suaminya lebih menyayangi dan perhatian kepada ibunya.

Dalam kasus seperti ini, Okezone mengutip dari video ceramah Ustadz Abdul Somad, beliau menjelaskan, seorang istri seharusnya memahami suaminya karena sang suami dikandung selama lebih dari 9 bulan oleh ibunya dan dirawat hingga besar.

“Jangan sampai emak datang ke rumah kita, mau meminjam sejumlah uang untuk buka puasa. Jangan sampai emak membawa HP ke toko service untuk menanyakan kenapa anaknya tidak pernah menelpon dirinya lagi,” jelas Ustadz Abdul Somad.

Dalam sebuah hadits yang berbunyi, “Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita? Rasulullah menjawab: “Suaminya” (apabila sudah menikah). Kemudian Aisyah Radhiyallahu ‘anha bertanya lagi: “Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki? Rasulullah menjawab: “Ibunya,” (HR. Muslim).

Menjadi seorang suami juga harus bersikap adil kepada istri. Merawat ibu bukan berarti ia mengabaikan kewajibannya sebagai suami untuk menafkahi istri dan anak-anaknya. Ibu dan istri memiliki kedudukan yang sama-sama penting dalam Islam.

Seorang ibu yang saleh akan melahirkan anak dan tumbuh menjadi seorang anak yang saleh. Sedangkan istri yang saleh tentunya akan mendukung suaminya dalam melakukan kebaikan dan membuat kehidupan berkeluarga penuh dengan kasih sayang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini