nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, 20 Persen Jemaah Haji Punya Kaki Datar

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 14 614 2091828 waduh-20-persen-jemaah-haji-punya-kaki-datar-iQo1MRdUOy.jpg Jemaah haji di Makkah (Our Hajj)

Secara medis pada prinsipnya, jenis kaki manusia terbagi kepada tiga, yaitu kaki datar, lekuk, dan normal. Namun, ada beberapa orang yang memiliki bentuk kaki datar sehingga ketika berjalan akan mengganggu sebagian aktivitasnya.

 Jemaah haji padati Makkah

Khususnya bagi yang tengah melaksanakan haji dan umrah karena akan membutuhkan keseimbangan kaki. Sebab ketika akan melakukan ibadah tersebut membutuhkan durasi lama saat berjalan kaki.

"Kalau dari penelitian saya, itu ada riset prevelansi kaki yang datar, kira-kira sembilan kloter jemaah haji. Nah, kalau sembilan kloter kali 500 orang, ini artinya 20 persen mengalami kaki datar," ujar Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Dokter Syarif Hasan Lutfie, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, kaki datar sangat berpengaruh bagi penderitanya ketika akan berjalan. Di mana saat melakukan toe off, gerakan mengungkit, maka akan menggeser bobot berat badan ke jempol kakinya.

"Sehingga cepat mengalami capek otot atau fatigue, yang diakibatkan oleh gesekan dan gerakan yang berlebih," katanya.

Syarif juga menjelaskan, perlu jenis sepatu dan sandal khusus yang bisa digunakan oleh jemaah haji ketika akan melakukan tawaf dan syai.

Jauh sebelumnya dia melakukan sebuah penelitian, bahwa banyak kasus insiden kaki jemaah haji dan umroh yang tiba-tiba pegal, lecet hingga keram karena telah melakukan perjalan jauh akibat mengenakan sepatu atau sendal yang tidak sesuai dengan karakter kakinya.

"Saya menemukan permasalahan kaki jemaah haji Indonesia. Baik dari betis hingga tulang belakangya, itu akan mempengaruhi ibadah hajinya. Sekitar 20 persen kaki jemaah haji ditemukan leper (datar)," kata Direktur Utama RS Haji Jakarta ini.

Maka dari itu, jemaah disarankan untuk menggunakan sandal dan sepatu khusus, supaya ibadahnya tidak terganggu dan terasa nyaman di kaki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini