nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah! Sunah Rasul Bukan Sekadar Berhubungan Intim

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 23:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 15 614 2092414 jangan-salah-sunah-rasul-bukan-sekadar-berhubungan-intim-JuuUJvIYFP.jpg Sunah Rasul itu macam-macam (Foto: Kate Backdrop)

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah sunah Rasul di malam Jumat, atau istilah lainnya. Walau itu cuma sekadar guyonan dan merujuk pada 'hubungan suami istri', tapi malah terkesan hukumnya seperti wajib untuk menjalankannya.

 Sunah rasul memperbanyak salawat

Dilansir dari laman NU Online, yang dimaksud dengan sunah Rasul di sini sebenarnya bermakna seperti apa?

"Di dalam sunah tidak ada anjuran berhubungan seksual suami-istri di malam-malam tertentu, antara lain malam Senin atau malam Jumat. Tetapi ada segelintir ulama menyatakan anjuran hubungan seksual di malam Jumat,” (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhayli, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuh, cetakan kedua, 1985 M/1305, Beirut, Darul Fikr, juz 3 halaman 556).

Untuk itu, amalan setiap Jumat tidak harus dengan hubungan suami istri. Tapi, Anda bisa melaksanakan sunah Rasul lainnya. Kebaikan apapun yang dilakukan, tentunya akan jadi ladang pahala.

Supaya tidak salah kaprah, berikut ini tiga amalan yang bisa Anda lakukan di malal Jumat:

Memperbanyak baca salawat

Memperbanyak membaca salawat Nabi juga disunahkan di malam Jumat, dengan begitu Anda berharap mendapat pahala yang berlimpah dan mendapat sayafaat dari Rasul ketika di akhirat nanti.

Allah SWT berfirman, QS. Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Memperbanyak doa

Malam Jumat jadi waktu yang tepatnya doa untuk diijabah. Alangkah lebih baiknya, Anda memperbanyak berdoa kepada Allah.

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » . وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat, lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari, no. 935; Muslim, no. 852)

Membaca Alquran

 

Membaca Alquran ketika malam Jumat sangatlah dianjurkan. Khususnya surat Al Kahfi karena Allah sudah menjanjikan siapa saja yang membaca surat tersebut, akan dijauhkan dari dajjal hingga dipancarkan cahaya.

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini