nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Orangtua Melarang Anak Kecil Keluar Rumah saat Maghrib

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 18:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 614 2093834 alasan-orangtua-melarang-anak-kecil-keluar-rumah-saat-maghrib-okDOY8sJj5.jpg Orangtua melarang anak keluar saat Maghrib (Foto: Wikimedia)

Saat Maghrib berkumandang, orangtua selalu meminta anaknya yang masih ada di luar rumah untuk segera pulang. Bahkan, tak jarang orangtua sampai marah jika anak belum juga masuk ke rumah di waktu Maghrib.

 Ibu meminta anak di dalam rumah

Kebiasaan ini sudah menjadi hal biasa di lingkungan kita. Jika ditanya kenapa, sebagian dari orangtua akan menjawab berkaitan dengan hal mistis. Katanya, di saat Maghrib, banyak hantu bahkan 'wewe' yang berkeliaran karena momen itu memang momen di mana 'pintu dunia gaib' terbuka.

Di sisi lain, keluarga Ruben Onsu punya pengalaman khusus dengan kondisi ini. Ya, pada awak media, Sarwendah menjelaskan kalau anak keduanya yang bernama Thania Putri Onsu sering menangis di waktu maghrib.

Bahkan, untuk mengatasi kondisi yang kurang mengenakan ini, Sarwendah sampai memanggil ustadz untuk membantu dia dan anaknya mengatasi masalah tersebut. Meski kita tahu bersama kalau Sarwendah bukan orang Islam.

Lantas, apa alasannya anak-anak tidak boleh keluar rumah saat Maghrib?

Diterangkan Ustadz Mahfud Said, dalam menjelaskan hal tersebut, ada hadis yang mengatur perkara itu.

"Jika malam datang menjelang atau kalian berada di petang hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berdzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walau pun dengan sekadar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian!" (HR. Bukhari dan Muslim).

Dijelaskan Ustadz Mahfud, hadist tersebut berlaku untuk yang berada di rumah, seperti para perempuan. Sebab, di waktu Maghrib, laki-laki muda atau dewasa pergi ke masjid untuk salat berjamaah.

"Jadi, harus dilihat lagi konteks hadistnya seperti apa dan ini tidak bisa diterapkan kepada laki-laki yang disunahkan pergi ke masjid dan keluar rumah di saat Maghrib," terangnya pada Okezone melalui pesan singkat, Senin (19/8/2019).

Ustadz Mahfud melanjutkan, terkait dengan kondisi itu, umat Islam makanya dilarang untuk salat menjelang Maghrib atau Ba'da Ashar.

"Sedikit nasihat juga, di waktu Maghrib, usahakan untuk menutup jendela dan pintu rumah dengan mengucapkan basmalah. Ini perlu dilakukan supaya selalu dilindungi Allah dari godaan setan," tambahnya.

1
3

Berita Terkait

Serba-serbi Muslim

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini