nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Perkuat Koneksi Anak dengan Alquran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 28 614 2097785 tips-perkuat-koneksi-anak-dengan-alquran-j7LiawI6WE.jpg Tips memperkuat koneksi anak denganm Alquran

Tetap terhubung dengan Allah setiap hari merupakan kebutuhan penting bagi setiap muslim. Tidak ada yang membawa kita lebih dekat kepada Allah selain kitab suci Alquran.

 Koneksi dengan Alquran

Membaca kitab suci Alquran dan maknanya juga membawa kita lebih dekat kepada Allah serta mengikuti perintah-Nya.

"Wahai ahli kitab! Sungguh, Rasul kami telah datang kepadamu, menjelaskan kepadamu banyak hal dari (isi) kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula) yang dibiarkannya. Sungguh telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menjelaskan." (QS Al Maidah 5:15)

Seperti dilansir About Islam, pentingnya orangtua membina anak-anaknya dalam hidup ini terdengar mudah diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, mulailah dengan langkah-langkah kecil dengan memastikan untuk komitmen dan disiplin.

1. Tunjukkan dengan contoh

Anak-anak belajar dengan meniru perilaku yang mereka lihat. Jika anda membaca Alquran secara teratur di depan anak-anak Anda, maka kemungkinan secara otomatis mereka akan melakukan hal yang sama.

2. Dimulai dari mendengarkan

Penelitian menunjukkan bahwa bayi dipengaruhi oleh suara di lingkungan mereka. Jadi, jika seorang bayi mendengar ayat-ayat Alquran secara teratur, mereka akan terbiasa dengan suaranya secara alami mereka akan senang mendengarkannya lebih banyak.

3. Adakan kompetisi menarik untuk anak-anak

Merupakan ide yang baik untuk mendorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam kontes dan kegiatan yang berfokus pada membaca Alquran dengan beberapa pemahaman dasar tentang tema dan nilai-nilai utamanya. Orangtua juga dapat menjanjikan hadiah menarik jika mereka melakukan yang terbaik.

4. Biarkan mereka memiliki mushaf sendiri

Hal lain yang dapat dilakukan orangtua adalah memberi setiap anak sebuah mushaf - salinan Alquran dalam bentuk yang menarik. Hal tersebut dapat memberikan mereka rasa kepemilikan dan lebih privasi. Ini dapat meningkatkan keinginan anak-anak untuk tetap berhubungan dengan buku saat mereka tumbuh dewasa.

5. Asuh anak dengan menggunakan sebuah ayat Alquran

Para orangtua sering meminta anak-anaknya untuk membersihkan kamar mereka, membereskan tempat tidur mereka sendiri atau menyimpan mainan mereka. Selain itu, orangtua juga menegur mereka ketika berkelahi.

Sebaiknya orangtua juga mengajarkan nilai-nilai kejujuran, rasa hormat, kerendahan hati, dan cinta. Jangan lupa kutip ayat Alquran yang menerangkan bahwa pentingnya memberi maaf sesama umat manusia serta ayat lain yang mendukung untuk diteruskan kepada anak-anak mereka.

 

6. Story telling

Alquran penuh dengan cerita yang menarik bagi indera dan imajinasi anak-anak. Beberapa hewan terlibat dalam kisah Alquran. Apalagi anak-anak mencintai binatang maka orangtua bisa menggunakan kisah-kisah ini untuk membantu mereka merasa terikat dengan Alquran dan belajar darinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini