nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Ustadz Aa Gym Bagikan Ilmu Kelapa kepada Abdul Somad

Yunita, Jurnalis · Senin 09 September 2019 16:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 330 2102556 ketika-ustadz-aa-gym-bagikan-ilmu-kelapa-kepada-abdul-somad-aYc8FrRD8d.jpg Foto: Istimewa

USTADZ Abdul Somad (UAS) bersilahturahmi ke kediaman ustadz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. Silaturahmi itu dikemas dalam suatu kajian tentang berbagai hal.

Pada kesempatan ini UAS dan Aa Gym saling berbagi nasihat. Aa Gym sendiri berbagi pengalamannya ketika menghadapi ujian santri sekitar 13 tahun lalu.

Kata dia, ketika itu seorang ulama menyampaikan ilmu kelapa. "Sudah dengar Ilmu kelapa?" tanya Aa Gym kepada Ustadz Abdul Somad seperti yang terlihat dalam video di akun Youtube Aagym Official, diunggah pada Sabtu 7 September 2019.

Lalu UAS pun menjawab "Bisa diulang sekali lagi. Hafal kaji karena diulang."

Kemudian Aa Gym menyampaikan bahwa pada satu waktu, seorang ulama menyampaikan pesan untuk dirinya. Pesan itu berisi, bahwa tidak akan keluar saripati keulamaan seseorang sebelum mengalami Ilmu kelapa.

"Tidak ada cerita kelapa keluar saripatinya di atas (pohon). Satu, bakal dijatuhkan dari ketinggian, tidak ada kelapa yang jatuhnya pelan," ujar Aa Gym.

"Sudah jatuh, bukannya dibelai tapi dijambak sampai gundul. Ya kan, kelapa cabutnya dijambak. Sudah gundul bukannya dikecop, digetok, " kata Aa Gym.

"Tidak ada cerita memukul kelapa senyum. Sampai belah, sudah belah, dicungkil dari batoknya," tambahnya.

Di samping itu Aa Gym mengatakan seputar kepopuleran ustadz. "Kenapa orang populer, Karena Allah yang menghendaki, dan itu bukan karunia tapi itu adalah ujian, disebut karunia jika sudah lulus ujian," ucap Aa Gym.

"Nanti kalau sudah lepas dunia di hati, maka dunia akan dikembalikan, tapi sudah tidak ada rasanya," tutur Aa Gym.

"Jangan pernah ada kemelekatan di hati, dengan apapun dan siapapun kecuali Allah, " terang Aa Gym lagi.

"Kenapa ada kemelekatan? karena kita kebanyakan berfikir dan kurangnya dzikir. Ternyata kemelekatan memiliki arti adalah penyebab dari semua derita dan stres. Apa pun yang muncul pasti akan lenyap, dan yang berbentuk pasti akan terurai, menciptakan penderitaan,” jelasnya.

“Kenapa Umat Islam banyak yang belajar tentang Agama Islam, tetapi sikapnya tidak sesuai dengan Ilmu yang dipelajarinya?”

Menurut Aa Gym, penyebab sebagian Umat Islam masih kurang dalam menerapkan ilmu yang dipelajarinya ada dua, yaitu:

1. Salah Niat

Tidak sedikit orang mencari ilmu agama untuk duniawi. Contohnya mencari pangkat, uang, dan lain-lain. Jadi dengan begitu, ilmu itu susah menjadi amal.

2. Ilusi Ilmu

Ada yang belajar Agama, langsung merasa dirinya bahwa sudah mengamalkan. Padahal beda antara mengamalkan dan sudah tahu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini