nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Surat Edaran Kampus Larang Mahasiswanya Pacaran, Alasannya Tak Islami

Syifa Hanifah Firdiani , Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 27 614 2110284 viral-surat-edaran-kampus-larang-mahasiswanya-pacaran-alasannya-tak-islami-ocFar5iGEt.jpg Pemuda dan pemudi dilarang pacaran (Foto: Pulse)

Universitas Bacha Khan di Pakistan melarang mahasiswa pacaran. Alasannya, dalam Islam tak boleh pacaran, apalagi mendekati zina.

 Larangan pacaran

Seperti dilansir One India, Jumat (27/9/2019), Asisten Kepala Pengawas Mahasiswa Universitas Bacha Khan melarang mahasiswa dan mahasiwi duduk dan jalan berduaan. Mereka juga dilarang melakukan pertemuan yang tidak berhubungan dengan kegiatan kampus di sekitar universitas. Intinya surat edaran itu melarang mahasiswa pacaran.

Surat larangan pacaran itu menjelaskan, "Dengan ini diberitahukan bagi seluruh mahasiswa Universitas Bacha Khan bahwa mahasiswa berlainan jenis dilarang melakukan hal-hal yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan ajaran agama Islam seperti pacaran. Jika mahasiswa terlihat melanggar peraturan ini, maka pihak kampus akan menindak dengan tegas."

Jika mahasiswa melanggar larangan pacaran maka orangtua dari mahasiswa tersebut akan dipanggil oleh pihak universitas dan juga dikenakan denda. Oleh karena itu untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, maka mahasiswa pria maupun perempuan sebaiknya menaati peraturan ini.

Surat edaran itu dikeluarkan pada 23 September oleh kantor administrasi Universitas Bacha Khan. Surat edaran itu viral di berbagai situs media sosial, salah satunya adalah Twitter dan memicu perdebatan.

Beberapa orang mendukung keputusan tersebut sementara sebagian lainnya tidak setuju dan menentang surat edaran tersebut. "Untuk mengambil langkah yang bagus kita harus mengikuti ajaran Islam," Tulis akun @Fawadkhan145 yang mendukung peraturan tersebut.

Namun ada juga yang mempertanyakan mengenai adanya peraturan tersebut seperti cuitan akun twitter @Zaighamabbas85 "Apakah ini akan menghentikan gempa bumi?"

Setelah viralnya surat edaran tersebut banyak yang mengkritisi mengenai peraturan yang dianggap tidak etis dan menuntut untuk mencabut peraturan itu. Akhirnya Universitas Bacha Khan mencabut larangan pacaran tersebut.

Universtas Bacha Khan mengeluarkan pemberitahuan baru bahwa kegiatan yang tidak berkarakter Islami sedang marak di lingkungan kampus. Universitas hanya ingin melarang kegiatan yang tidak sesuai dengan kaidah Islam. Mahasiswa tidak diizinkan untuk berpacaran.

Jika ada yang melanggar norma, dia akan menghadapi tindakan disiplin dari pihak kampus. Orangtua mereka juga akan diberitahu tentang hal ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini