nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengejutkan, Ini Rahasia Gus Dur yang Diungkap Mbah Moen

Kamis 10 Oktober 2019 00:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 09 614 2114874 mengejutkan-ini-rahasia-gus-dur-yang-diungkap-mbah-moen-fJzSx8nSwv.jpg Mbah Moen semasa hidup (Foto: Inst)

Rupanya Gus Dur semasa hidupnya pernah memiliki rahasia yang dalam. Rahasia yang tak pernah diketahui banyak orang sebelumnya.

Dalam sebuah video, KH Marzuqi Mustamar memaparkan dalam bahasa jawa mengenai rahasia Gus Dur dan KH. Maimoen Zubari (Mbah Moen) yang tidak diketahui banyak orang.

 Gus Dur selalu dikenang pecintanya

Ini cuplikan terjemahan yang disampaikan oleh KH. Marzuqi Mustamar mengenai rahasia Gus Dur tersebut:

Saya akan bercerita sedikit, saya sebut saja namanya Gus Dur. Terserah Anda mau percaya atau tidak, ini ceramahnya Mbah KH. Maimoen Zubair saat acara 1.000 hari Gus Dur di Tebuireng. Saat Gus Dur masih hidup terlihat beliau tak pernah cocok dengan KH. Maimoen Zubair. Ternyata ini rahasia! Kesepakatan mereka berdua.

Seperti dilansir Muslim Moderat, kisah ini diceritakan Mbah Moen sendiri saat ceramah di Tebuireng.

“Saya menikahkan anak habis jutaan rupiah. Saya tak pernah mengeluarkan uang sepeser pun, semua uang itu dari Gus Dur. Tapi dirahasiakan agar orang-orang tidak tahu bahwa yang membantu saya adalah Gus Dur,” ujar Mbah Moen.

"Sudah, Anda tetap terlihat beruswah saja dengan saya, supaya orang-orang tidak tahu amalku,” kata Gus Dur kepada Mbah Moen kala itu.

"Apa Anda kuat seperti itu? Demi menyembunyikan amalnya agar tidak diketahui manusia," ujar Mbah Moen kepada orang yang hadir di Tebuireng saat itu.

Pada kesempatan itu, Mbah Moen juga mengungkap kebaikan dan amal Gus Dur lainnya.

Suatu ketika tepatnya di Malang, sebelah barat Panjen ada daerah namanya Jatikerto. Di Jatikerto ada orang biasa, bukan ulama besar, sekitar berusia 30 tahun-an, namanya Agus.

Gus Dur pernah mendatangi rumahnya dan titip tiga koper. Namun Koper itu tidak boleh dibuka sebelum Gus Dur wafat.

Agus menepati janjinya pada Gus Dur, tak membuka koper tersebut hingga Gus Dur wafat. Akhirnya ketika Gus Dur sudah wafat, koper itu pun dibuka.

Lalu apa isi tiga koper tersebut?

Ternyata isinya mengejutkan, yakni uang sebanyak Rp 3 miliar. Diwasiatkan agar uang tersebut dibagikan kepada anak-anak yatim dan janda-janda miskin.

Sungguh, demi menyembunyikan amal sampai sebegitunya. Terkadang penampilannya jelek, kontroversi, agar orang-orang mencemoohnya, tidak menganggapnya kiai dan tidak menganggapnya wali.

Banyak orang tidak tahu siapa sejatinya Gus Dur akibatnya banyak yang mencemooh Gus Dur. Namun Gus Dur biasa saja. Sebab itu risiko bagi orang yang menyembunyikan amalnya. Itulah rahasia terdalam Gus Dur yang jarang diketahui publik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini