Ramai di Medos, Kronologi Abdul Somad Batal Hadir di Masjid UGM

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 10 614 2115145 ramai-di-medos-kronologi-abdul-somad-batal-hadir-di-masjid-ugm-s848qL28rW.jpg Foto: Secreenshoot dari Youtube

USTADZ Abdul Somad pada awalnya direncanakan mengisi kuliah umum di Masjid Universitas Gajah Mada (UGM) pada Sabtu 12 Oktober 2019. Namun pihak kampus tersebut membatalkan rencana tersebut.

Okezone sudah mengonfirmasi kebenaran pembatalan itu ke Kepala Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani. Lalu kini beredar di media sosial kronologi Abdul Somad batal mengisi kuliah umum di sana.

Diunggah oleh akun instagram @masjidkampusugma beberapa waktu lalu, berikut kronologi pembatalan itu:

“Sehubungan dengan rencana Kuliah Umum bersama UAS dan Prof. Indra Bastian pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober pukul 12.45 - 14.30 WIB dengan tema Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan di Masjid Kampus UGM, saya perlu sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Saya dan Prof. Zuprizal (Wk. Ketua Takmir) pagi tadi pukul 08.30 WIB diundang bertemu pimpinan UGM, yaitu Warek Bidang PP dan Kemahasiswaan dan Warek Bidang SDA.

2. Dalam pertemuan tersebut Takmir Maskam dipaksa untuk membatalkan acara Kuliah Umum UAS dengan alasan ada tekanan dari luar.


Foto: Screenshoot dari Instagram masjidkampusugm

3. Takmir menolak permintaan tersebut karena forum adalah kajian yang bersifat akademik.

4. Apapun penjelasan takmir ditolak rektorat sehingga deadlock.

 5. Dengan dalih Rektor UGM adalah pejabat tertinggi di UGM maka ditegaskan rektorat tidak mengizinkan UAS (Ustadz Abdul Somad) di acara tersebut dengan berbagai alasan, termasuk menyatakan bahwa Sultan HB X juga tidak menyetujui kehadiran UAS di Masjid UGM.

7. Takmir meminta agar surat resmi pembatalan ke UAS tersebut ditembuskan kepada Takmir sebagai bukti tanggungjawab Takmir kepada jamaah.

8. Demikian penjelasan kami agar dimaklumi bahwa Takmir telah mengundang UAS dalam acara tersebut tetapi Rektorat UGM membatalkannya. -Drs. Mashuri Maschab, S.U.- (Ketua Takmir Masjid Kampus UGM)."

Kronologi Abdul Somad batal mengisi kuliah umum di Masjid UGM kini ramai diperbincangkan di dunia maya. Netize ramai-ramai mengomentari kronologi di atas.

Foto: Screenshoot dari Instagram masjidkampusugm

“Semoga Allah SWT menjadikan takmir Maskam UGM lebih bijak dalam memilih narasumber forum akademik. Takbir!” komentar akun @gibransesunan.

“Tekanan dari luar? Ada yang bisa mmperjelas ini apa? Supaya enggak suudzon,” tulis akun @ azuma.aghla.

“Lucu ya, sekarang mau ceramah aja susah,” komentar akun @ bachtiaraulia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini