nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Crosshijaber, Siapa Mereka?

Senin 14 Oktober 2019 14:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 614 2116653 mengenal-crosshijaber-siapa-mereka-wobFWtoW0p.jpg Crosshijaber di akun Instagram (Foto: Inst)

Media sosial dihebohkan dengan unggahan kelompok yang menyebut dirinya crosshijaber. Rupanya masih banyak orang yang belum mengenal kelompok tersebut.

Lalu siapa crosshijaber?

Crosshijaber merupakan para pria yang suka memakai baju muslimah. Mereka sering memakai abaya atau gamis yang dilengkapi dengan hijab layaknya perempuan muslimah. Sering kali mereka memakai cadar dan niqab untuk menutupi wajahnya sehingga tak diketahui kalau di balik cadar itu sejatinya adalah pria.

 Crosshijaber

Kelompok crosshijaber ini sepertinya ingin eksis di dunia nyata. Hal ini terlihat dari keberanian mereka mengunggah foto diri di Instagram meskipun sejumlah akun crosshijaber sudah dihapus di Instagram akibat menimbulkan kehebohan di dunia maya.

Namun rupanya masyarakat menolak kehadiran crosshijaber terutama perempuan. Sebab kebanyakan perempuan takut dengan crosshijaber.

Seorang muslimah, Dewi mengatakan, ia tak takut kalau crosshijaber salat di saf perempuan. "Tapi yang paling bikin takut kalau crosshijaber itu masuk ke toilet, takutnya melakukan pelecehan sebab seorang pria masuk toilet perempuan itu sudah pelecehan sendiri."

Hal senada juga diungkapkan seorang muslimah Novie. Ia mengaku khawatir kalau crosshijaber masuk ke toilet perempuan di masjid lalu mengintip para jamaah perempuan di sana. "Takut juga sih."

Dalam beberapa unggahan di media sosia, crosshijaber bahkan menyatakan berani masuk ke toilet perempuan dengan tampilan seperti ukhti-ukhti muslimah.

Psikolog Meity Arianty mengatakan, tindakan crosshijaber semacam itu sebenarnya sudah bisa mengarah pada kriminalitas. Mereka masuk ke ranah privasi jamaah perempuan dan ditakutkan berniat mesum atau membahayakan perempuan.

Sementara itu, Ustadz Mahfud Said menegaskan, apa yang dilakukan oleh kelompok crosshijaber salah besar. Mereka sudah menyalahi aturan Allah SWT dengan mengenakan pakaian seorang muslimah padahal mereka adalah pria.

"Dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya baginda Rasulullah melaknat para lelaki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki." (HR. Al-Bukhari dan Abu Dawud).

"Kalau ada yang menemukan crosshijaber sebaiknya dinasehati untuk bertobat sebab menyerupai perempuan," ujarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini