Kemenag Dipimpin Jenderal Purn, Ini Kata Lukman Hakim

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 614 2120729 kemenag-dipimpin-jenderal-purn-ini-kata-lukman-hakim-w9rWsr48o9.jpg Sertijab jabatan menteri agama dari Lukman Hakim Saifuddin ke Fachrul Razi. Foto: Novie/Okezone

MENTERI Agama Fachrul Razi resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Fachrul Razi sendiri merupakan jenderal purnawirawan TNI. Jabatan tertingginya di militer adalah Wakil Panglima TNI. Jabatan itu ia raih ketika tokoh Nahdatul Ulama (NU) Abdurrahman Wahin (Gusdur) menjabat sebagai Presiden ke-4 RI.

Lebih lanjut, Lukman memberi selamat kepada Fachrul sebagai Menteri Agama baru yang menggantikannya. Ia juga berharap penerusnya itu tidak terkejut dengan para ASN yang sering bercanda.

"Selamat bertugas, semoga Pak Fachrul tidak kaget dengan ASN yang suka humor," kata Lukman.

Lukman juga menilai bahwa Fachrul Razi pasti sudah mengerti tugasnya sebagai Menteri Agama. Oleh karena itu ia memperkirakan pria asal Aceh itu bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Saat ini, tambah Lukman, Kementerian Agama dipimpin oleh seorang jendral dan tentu akan menciptakan semangat baru. "Apalgi dipimpin oleh (jenderal) seorang pemimpin yang baru. Tentu semangatnya segala sesuatunya baru," pungkasnya.

Sementara itu perlu diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menorehkan sejarah baru dalam kabinet. Penunjukan Fachrul Razi sebagai menteri agama benar-benar di luar dugaan.

Sebab jika dilihat dari siklus sebelumnya, jabatan menag selalu diisi dari kalangan santri atau tokoh agama. Biasanya pos ini diberikatan kebada politikus dari partai berbasis Islam atau dari kalangan Nahdatul Ulama.

Sebagai gambaran, Lukman Hakim sendiri berasal dari keluarga NU. Pendahulunya, yakni Suryadharma Ali juga dari PPP dan NU. Pendahulu mereka, Muhammad Maftuh Basyuni merupakan tokoh NU.

Namun pada masa keduan Jokowi menjabat sebagai presiden, ia memberikan jabatan menag kepada kalangan militer, yaitu Fachrul Razi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya