nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumat Berkah, Anjuran Nabi untuk Memperbanyak Salawat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 12:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 25 330 2121602 jumat-berkah-anjuran-nabi-untuk-memperbanyak-salawat-UQ0ynxn6hD.jpg Pria bersalawat (Foto: Freepik)

JUMAT merupakan hari yang indah dan memiliki banyak keistimewaan. Makanya banyak orang menyebutnya Jumat Berkah.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin, mengatakan, membaca salawat saat hari Jumat merupakan sunah dan anjuran dari Rasulullah SAW.  Bagi Muslim yang membaca salawat pada waktu tersebut, maka akan dekat bersama Rasulullah kelak di akhirat. Inilah salah satu keistimewaan Jumat Berkah.

 Pria bersalawat

Rasulullah SAW, bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro)

Nabi menganjurkan agar memperbanyak membaca salawat pada hari Jumat. Dalam hadits lainya, yaitu:

أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

“Perbanyaklah membaca salawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali.”

Hadits tersebut diriwayatkan al-Baihaqi dengan beberapa sanad yang baik (hasan).

Riwayat hadits yang lainnya terkait keutamaan membaca salawat pada hari Jumat, Dari Abu Hurairah, bersabda Rasulullah Muhammad SAW,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)

Salawat bukan hanya sebagai bentuk kecintaan kepada kekasih Allah yang paling dimuliakan ini. Melainkan, jaminan keistimewaan dalam hidup.

Ustadz Ainul Yaqin menjelaskan, salawat merupakan suatu pengakuan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Salawat bukan hanya sekadar bacaan, namun sebenarnya terdapat nilai luar biasa di dalamnya.

“Membaca salawat dan melafalkan salawat Nabi memang salah satunya mendoakan Nabi Muhammad SAW. Secara harfiah dan dhohir kalimatnya memang demikian. Padahal jika semua dimaknai dan dipahami, dengan hati bersih sesungguhnya salawat adalah energi cinta pada sang pecinta Allah SWT, yakni Nabi Muhammad SAW,” ujar Ustadz Ainul Yaqin.

“Salawat adalah doa dan bait cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW, yang menyatukan seluruh dimensi kehidupan di semesta raya ini. Belum lagi jaminan atas keistimewaan salawat yang kelak akan diberikan Allah SWT pada para umat Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini