Ilmu Tasawuf Turun Sejak Zaman Nabi Adam

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 29 330 2123385 ilmu-tasawuf-turun-sejak-zaman-nabi-adam-4fYnG72Vxz.jpg Ilustrasi zaman Nabi Adam (Foto: Shutterstock)

Ilmu tasawuf menjadi salah satu ilmu yang menjelaskan tentang kehidupan seluruh makhluk hingga kehakikian adanya Allah SWT. Ternyata ilmu tersebut sudah ada sejak dulu.

Direktur Sufi Center KH M. Luqman Hakim mengatakan, ilmu tasawuf sudah ada sejak zaman Nabi Adam AS. Di mana Allah telah menurunkan ilmu tersebut kepada Nabi pertama ini.

 Luqman Hakim

"Tasawuf masuk saat zaman Nabi Adam. Saat itu Allah mendidik Nabi Adam dengan itu (tasawuf), " ujarnya saat mengisi kajian di kawasan Senayan, Jakarta Selatan Selasa malam, (29/10/2019).

Ketika Allah mendidiknya dengan ilmu tasawuf, maka yang ada di dalam pikiran dan hati Nabi Adam hanyalah Allah yang telah memberikan karunia tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ilmu tasawuf yang kali pertama diturunkan adalah Asmaul Husna atau nama-nama Allah, seperti yang biasa kita temukan di dalam Alquran. Nama-nama tersebut adalah sebutan istimewa untuk Allah.

"Pertama kali diajarkan nama-nama Allah dan ciptaan-Nya sehingga Nabi Adam tidak bisa menghindar dari Allah," kata pakar ilmu tasawuf ini.

Hingga ilmu tasawuf ini pun diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika itu ia diperintahkan Allah untuk membaca (iqra). Sama seperti Nabi Adam, ia pun tidak bisa lepas dari Allah.

Allah selalu menjaga para nabi dengan kekuatannya. Mereka selalu mengingat Allah di mana saja, kapan saja.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya