nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maulid Nabi, Astronom UEA Perkirakan Perayaan Kelahiran Rasulullah 9 November 2019

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 30 Oktober 2019 13:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 30 614 2123600 maulid-nabi-perayaan-kelahiran-rasulullah-digelar-9-november-2019-di-uea-TsF9rK9pWM.jpg Ilustrasi. Foto: Independent

MUSLIM di seluruh dunia sedang menyongsong hari bahagia, yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia umat Islam memperingatinya melalui Maulid Nabi.

Maulid Nabi di Indonesia tak lama lagi, yakni diperkirakan 10 November 2019. Sedangkan di Uni Emirat Arab dirayakan dengan cara yang sedikit berbeda. Hari perayaannya juga berbeda karena perbedaan waktu dengan Indonesia.

Astronom terkemuka Uni Emirate Arab (UEA) telah menjelaskan perhitungan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada November 2019 ini.

Dilansir dari Gulf News pada Rabu (30/10/2019), peringatan kelahiran Nabi Muhammad dilakukan setiap hari ke-12 Rabi Al Awal.

Anggota Uni Arab untuk Antariksa dan Astronomi Ebrahim Al Jarwan mengatakan, bulan sabit baru di Rabi Al Awwal diperkirakan akan jatuh pada Senin 28 Oktober pukul 7:38 waktu UEA.

"Oleh karena itu pada Selasa 29 Oktober akan menjadi bulan pertama Rabi Al Awal Tahun 1441 Hijriah menurut perhitungan astronomi," katanya.

Untuk itu, kata Ebrahim, peringatan kelahiran Nabi Muhammad akan jatuh pada Sabtu 9 November 2019 yang akan datang. "Jadi, peringatan Nabi akan jatuh pada hari Sabtu, 9 November," ujarnya.

Umat Islam di UEA merayakan kelahiran Nabi Muhammad SWA dengan membaca Alquran. Beberapa ulama juga menganjurkan untuk puasa sebagai cara lain untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad.

Sedang di Indonesia, perayaan Maulid Nabi tidak hanya dengan membaca Alquran, tapi juga Di dalam acara Maulid Nabi, mendendangkan qashidah dan puji-pujian kepada Rasulullah dengan disertai pukulan rebana yang serasi, sehingga membuat rindu di hati semakin bergejolak, bahkan banyak di antara jamaah akhirnya meneteskan air mata.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini