nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maulid Nabi 9 November 2019, Warga NU Perbanyak Salawat

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 07:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 31 614 2123928 maulid-nabi-9-november-2019-warga-nu-perbanyak-salawat-DgfcTYBK4D.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

DALAM waktu dekat Umat Islam akan memperingati Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana diketahui Rasulullah lahir pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah.

Nah untuk memperingati itu biasanya umat Islam menggelar serangkaian acara yang isinya membaca Alquran, bersalawat, dan menyanyikan lagu qashidah serta puji-pujian kepada Rasulullah dengan disertai pukulan rebana yang serasi. Acara ini dikemas dalam tajuk Maulid Nabi.

Lalu kapan persisnya Maulid Nabi dapat digelar? Hasil pantauan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU), Rabiul Awal 1441 H jatuh pada Selasa, 29 Oktober 2019.

Wakil Ketua Lembaga Falakiyah NU KH Sirril Wafa menyebutkan perhitungan tanggal tersebut berdasarkan pantauan hilal.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

"Berdasarkan yang sudah ditetapkan PBNU adalah sebenarnya pada hari Selasa (red. 29 Oktober 2019), dari kemarin. Pada tanggal 12-nya (Red. 12 Rabiul Awal hari kelahiran Nabi Muhammad) jatuh pada tanggal 9 Novemver 2019," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk peringatan Maulid Nabi, tambah Kiai Sirril, sudah bisa dilaksanakan sejak awal 1 Rabiul Awal. Sebab menurutnya tidak ada tanggal khusus untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Lebih lanjut Sirril Wafa mengatakan seperti biasa warga NU ikut menggelar Maulid Nabi yang isinya membaca salawat dan bacaan amalan lainnya.

"Biasanya dari tanggal 1 Rabiul Awal, Maulid Nabi sudah bisa dirayakan. Biasanya dari kalangan NU sendiri memperbanyak membaca salawat, hingga barjanji," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini