nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangkitkan Budaya Islam, Kemenag Gelar Lomba Video Pendek

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 18:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 08 614 2127529 bangkitkan-budaya-islam-kemenag-gelar-lomba-video-pendek-w8Sa0mKHN3.jpg Para pemenang lomba video pendek (Foto: Novie/Okezone)

Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan pemenang Lomba Video Pendek Tradisi dan Budaya Islam di Indonesia di Hotel Millenium, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Jumat, (8/11/2019).

Lomba video pendek ini diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Kasubdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam, Sayid Alwi Fahmi mengatakan, diadakannya lomba video pendek ini bertujuan untuk membangkitkan seni budaya Islam yang selama ini tidak pernah dilihat oleh masyarakat.

 Sayid Alwi Fahmi

"Nah, ini kita bangkitkan karena di zaman digital sekarang ini bisa memberitahu banyak orang agar seluruh dunia tahu bahwa kearifan lokal Indonesia, Islam Indonesia ini bisa membuka aspek-aspek lain," katanya.

Ia juga mengatakan, lomba tersebut untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang makmur dan damai dengan beragam budaya dan juga agama yang berbeda-beda.

Sementara itu, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Juraidi mengatakan, lomba ini sejatinya merupakan bagian dari dakwah.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada teman-teman yang pandai menyikapi situasi dan kondisi perkembangan zaman. Dakwah ini harus disesuaikan dengan perkembangan zaman," ujar Juraidi.

Kegiatan ini tidak terlepas dari kerja-kerja dakwah. Jadi berdakwah di kalangan milenial ini harus berbeda dengan kelompok-kelompok komunitas yang lain.

Oleh karena itu, terang Juraidi, pembuatan video ini bagian dari dakwah yang efektif. Tak lain untuk mengajak generasi muda tetap ikut serta menyebarkan pemahaman agama Islam yang baik.

"Jadi generasi muda sekarang, generasi milenisal mempelajari agama di masjid itu sangat jarang. Ini hasil merupakan hasil penelitian. Jadi mereka itu senang belajar Islam melalui medsos. Dan ternyata itu yang kita lakukan sehari-hari," pungkasnya.

Pemenang Lomba Video Pendek Tradisi dan Budaya Islam di Indonesia ini diraih oleh Muhammad Arif dari Universitas Pasundan, Bandung dengan judul Film Luqman. Film ini menceritakan tentang silat yang di dalamnya mengandung unsur agama yang sangat kental.

"Alhamdulillah, ini pertama kali saya menang. Kenapa silat? Karena saya sendiri juga belajar silat dan di dalam silat itu juga memiliki unsur agama," ujar Muhammad Arif.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini