Ribuan Orang Unjuk Rasa Melawan Islamofobia di Prancis

Nisya Indah Putri, Jurnalis · Senin 11 November 2019 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 11 614 2128325 ribuan-orang-unjuk-rasa-melawan-islamofobia-di-prancis-PHGwIBiNlY.jpg

Ribuan orang melakukan unjuk rasa melawan serangan Islamofobia di Paris, Prancis pada Minggu (10/11/2019). Masyarakat turun ke jalan menolak Islamofobia.

Para pengunjuk rasa berjalan dengan membawa spanduk-spanduk bertuliskan, "Hentikan semua rasisme." Mereka juga membawa spanduk bertuliskan, "Islamofobia bukan sebuah opini melainkan kejahatan." Mereka unjuk rasa ramai-ramai menolak islamofobia yang tak sesuai dengan prinsip Prancis yang multikultural.

 Unjuk rasa anti islamofobia

Unjuk rasa ini diselenggarakan oleh Collectif Contre l'Islamophobie en France. Warga mulai melakukan unjuk rasa anti islamofobia sejak terjadinya kekerasan terhadap muslim di Prancis.

Seorang pria berafiliasi dengan ekstremis sayap kanan menembak jamaah masjid di Kota Bayonne, Prancis melukai dua pria muslim yang sudah lanjut usia pada 28 Oktober lalu.

Serangan ini mengejutkan masyarakat Prancis. Mereka marah dengan serangan islamofobia tersebut.

Para anggota dari partai sayap kiri ikut ambil bagian dalam unjuk rasa anti islamofobia. Meski beberapa di antaranya menjauh karena takut mengancam tradisi sekularisme Prancis.

"Kami melakukan unjuk rasa usai peristiwa serangan masjid di Bayonne. Ini dilakukan untuk memastikan kebebasan beragama dan pemikiran yang menyertainya," ujar Ketua Partai Kiri Prancis, Jean-Luc Melenchon.

 Unjuk rasa anti islamofobia

Menteri Kesetaraan Prancis, Marlene Schiappa mengatakan, sejatinya unjuk rasa melawan islamofobia hanyalah bentuk protes terhadap sekularisme di bawah penyamaran memerangi diskriminasi.

Seperti dilansir Global News, lebih dari 40 persen muslims merasakan diskriminasi di Prancis. ini berdasarkan survei Ifop awal bulan ini.

Islam saat ini merupakan agama terbesar kedua di Prancis. Ini merupakan jumlah muslim terbesar di Eropa Barat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini