Cantiknya Arsitektur Islam Bisa Disaksikan dalam 5 Bangunan Indah Ini!

Dian Fitriyanah, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 14 615 2129911 cantiknya-arsitektur-islam-bisa-disaksikan-dalam-5-bangunan-indah-ini-kIBM05rlpV.jpg Istana Alhambra yang indah (Foto: Viator)

Islam memiliki budaya yang sangat luhur dan tinggi. Ini tercermin dari berbagai arsitektur Islam yang indah.

Cantiknya arsitektur Islam tidak hanya tercermin pada masjid-masjid megah. Namun juga bisa disaksikan dari bangunan-bangunan lain.

Dilansir dari Mvslim pada Kamis, (14/11/2019) terdapat 5 bangunan Islam terindah di seluruh dunia.

1. Istana Alhambra, Granada, Spanyol

 alhambra

Alhambra adalah istana yang dibangun oleh seorang pangeran Dinasti Muslim Nasrid pada abad ke-14. Beberapa bagian dari istana telah dihancurkan. Saat ini, ada tiga bagian yang tersisa seperti sebuah benteng (al-Qasbah) di ujung barat bukit, sekelompok paviliun, dan taman yang dikenal sebagai Generalife. Semuanya didekorasi dengan indah dengan ubin berwarna, bentuk geometris, kayu berukir, dan kaligrafi yang mengesankan.

2. Benteng Aleppo, Suriah

 Benteng Allepo

Salah satu karya arsitektur paling mengesankan di Timur Tengah adalah benteng yang berdiri di atas bukit di tengah Kota Aleppo, Suriah. Ini merupakan contoh arsitektur militer Islam yang sangat mengesankan. Beberapa benteng yang ditemukan di situs oleh para arkeolog berasal dari zaman Romawi.

Di bagian dalam Anda dapat menemukan tempat tinggal, toko, sumur, masjid, dan instalasi pertahanan militer. Semua yang diperlukan untuk bertahan di masa perang atau pengepungan. Bangunan ini memiliki dua gerbang yang menjulang yaitu disebut Gerbang Ular dan Gerbang Singa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Pemandian Sultan Amir Ahmad, Kashan, Iran

 pemandian

Pemandian Sultan Amir Ahmad adalah contoh arsitektur dan dekorasi Persia yang sangat unik. Dibangun pada abad ke-16, sekarang pemandian ini merupakan objek wisata yang sangat terkenal dan populer. Pemandian Sultan Amir terletak di kawasan bersejarah di Kashan. Anda bisa mendapatkan akses ke banyak objek wisata berharga dari lokasi itu. Atapnya membuat struktur pemandian itu cukup istimewa, karena itu bagian yang menarik dan artistik. Ini adalah tujuan utama bagi banyak fotografer di waktu yang berbeda sepanjang tahun karena menawarkan banyak warna dan sudut yang menakjubkan. Pemandian ini terdaftar sebagai situs warisan nasional.

4. Dome of The Rock, Yerusalem, Palestina

 dome of the rock

Monumen Islam tertua yang masih ada saat ini adalah Dome of The Rock alias Kubah Batu di Yerusalem. Bukan hanya yang tertua tetapi juga yang paling terkenal. Kubah ini dibangun pada 691-692, yaitu sekitar 55 tahun setelah Arab menaklukkan Yerusalem. Strukturnya terdiri dari kubah kayu mewah yang diletakkan di atas dasar berbentuk segi delapan. Situs ini sangat suci bagi Islam dan Yahudi.

5. Blue Mosque, Istanbul, Turki

 Indahnya Blue Mosque

Salah satu fitur paling menonjol dari cakrawala Istanbul adalah kubah yang menjulang tinggi dari kompleks Masjid Suleymaniye atau Blue Mosque. Masjid ini dibangun oleh Kaisar Ottoman Suleyman The Magnificent antara tahun 1550 dan 1557.

Masjid ini merupakan kompleks masjid terbesar dan paling mengesankan di Istanbul. Kompleks ini dirancang oleh arsitek utama Ottoman bernama Mimar Sinan. Masjid ini dianggap sebagai salah satu karya agungnya. Di sekitar masjid itu sendiri Anda dapat menemukan rumah sakit, beberapa sekolah agama, deretan toko, makam, dan pemandian. Masjid ini sejatinya dibangun untuk menandingi Hagia Sophia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya