6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Dian Fitriyanah, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 15 615 2130204 6-masjid-terbesar-di-dunia-salah-satunya-di-indonesia-yUHMRKbEp4.jpg Masjid Terbesar di dunia (Foto: Flickr)

Ketika jumlah populasi muslim di dunia mengalami peningkatan, tempat-tempat ibadah untuk umat muslim pun mulai berkembang. Banyak dibangun masjid yang besar, megah, dan indah. Bahkan menjadi masjid terbesar di dunia.

Oya, masjid terbesar di dunia ini berada di negara mana saja? Ternyata salah satunya di Indonesia. Simak ya!

1. Masjid Agung Makkah

 masjid

Masjid Agung Mekah atau di kenal sebagai Masjid Al-Haram adalah situs paling suci bagi semua muslim di seluruh dunia. Masjid ini dibangun sedemikian rupa sehingga mengelilingi Kakbah dan terletak di Kota Makkah, Arab Saudi. Masjid ini juga merupakan rumah bagi banyak situs penting lainnya seperti hajar aswad, sumur zamzam, makam Nabi Ibrahim dan bukit-bukit Safa dan Marwa.

Masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia, mampu menampung hingga 1,5 juta jamaah dan berukuran 365.000 meter persegi. Masjid tersebut mempunyai enam menara yang menjulang. Masjid Agung Mekah juga mengalami banyak renovasi besar dan ekspansi sepanjang tahun.

2. Masjid Nabawi

 masjid

Masjid Nabawi atau Masjid Nabi pertama kali didirikan dan dibangun oleh Nabi Muhammad. Sekarang masjid tersebut menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Terletak di Kota Madinah, masjid agung ini adalah situs tersuci kedua di Islam. Lokasi masjid ini berada tepat di jantung kota dengan banyak hotel dan pasar tua di sekitarnya. Masjid ini juga merupakan situs ziarah utama bagi umat Islam di seluruh dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Bara Imambara

 masjid

Terletak di Lucknow India, Bara Imambara mencakup Masjid Asfi yang besar. Masjid ini dibangun oleh Nawab dalam program bantuan kelaparan, Bara Imambara adalah bangunan yang memukau yang menyimpan elemen-elemen menarik di dalamnya.

Sedangkan Masjid Asfi merupakan satu-satunya masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur Mughal tanpa pengaruh Eropa.

4. Masjid Istiqlal

 masjid

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid ini juga merupakan masjid nasional Indonesia. Masjid ini terletak di antara Lapangan Merdeka dan Gereja Katedral Jakarta. Masjid yang megah ini pertama kali dibuka untuk umum oleh Presiden Soekarno.

Non-Muslim bisa mengunjungi masjid ini. Mereka bisa menyaksikan dan belajar sejarah masjid sebab ada pemandu yang siap mengantar.

5. Taj-ul-Masajid

 masjid

Taj-ul-Masajid di Bhopal juga merupakan salah satu masjid terbesar di Asia dan terbesar di India. Masjid ini memiliki fasad merah muda dengan menara tinggi 18 lantai. Memiliki kapasitas lebih dari 175.000, Taj-ul-Masajid secara harfiah diterjemahkan menjadi mahkota di antara masjid.

Memiliki tiga kubah dan dua menara, masjid ini buka setiap hari. Bhopal terhubung dengan baik ke Delhi dan Bombay, cukup mudah untuk mengakses masjid ikonik ini.

6. Djamaa el Djazair

 masjid

Djamaa el Djazair yang lebih dikenal sebagai Masjid Agung Algiers merupakan rumah bagi menara tertinggi di Afrika dan terletak di Algiers, Aljazair. Masjid yang baru saja selesai pembangunannya, memiliki ruang observasi di atas menara 37 lantai. Kompleks masjid ini meliputi sekolah Alquran, perpustakaan, restoran, amfiteater dan pusat penelitian yang didedikasikan untuk sejarah Aljazair.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini