nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10.000 Warga dan Simpatisan Bakal Hadiri Milad Muhammadiyah Ke-107

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 16 614 2130812 10-000-warga-dan-simpatisan-bakal-hadiri-milad-muhammadiyah-ke-107-jEJqiKgYcE.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

MILAD Muhammadiyah ke-107 Tahun bakal digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Selasa 18 November 2019. Sebanyak 10.000 warga simpatisan diperkirakan akan menghadiri acara tersebut.

Sementara itu direncanakan juga hadir dalam malam resepsi Milad Muhammadiyah ke-107 sejumlah tokoh nasional, di antaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Efendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadhim Makarim, serta Menteri Agama Fachrul Razi.

Ketika acara dimulai, di Jalan Lingkar Barat atau Jalan Brawijaya depan UMY akan dilakukan rekayasa lalu lintas yang diatur oleh Polantas. Jalur cepat jalan tersebut akan ditutup total, dan jalur lambat akan ditutup mulai pukul 17.00 WIB sampai acara selesai sekitar pukul 21.30 WIB.

Sementara itu Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan tema Milad Muhammadiyah tahun ini yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Acara tahun ini diperkirakan akan sangat meriah karena digelar bersamaan dengan Tasyakur Milad 100 Tahun Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA), juga berdekatan dengan Muktamar Muhammadiyah yang akan dihelat 2020 nanti di Surakarta.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan terpilihnya UMY sebagai lokasi acara Milad Muhammdiyah dikarenakan kampus tersebut sejalan dengan tema acara yang diusung tahun ini.

“Dipilihnya UMY karena memiliki kesesuaian dengan launching Muhammadiyah Online University. Dalam perkuliahan yang telah dijalankan, UMY telah melakukan uji coba program Pendidikan daring. Meskipun demikian, kampus online yang akan di launching nanti bukan hanya diurusi oleh UMY, tapi diurusi 5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) lain,” ujarnya.

Gunawan menambahkan, dijadikannya UMY sebagai kampus online merupakan tenggapan atas tentangan di era revolusi 4.0. Menurutnya era sekarang yang berbasis maya/digital tidak bisa dihindari, oleh karena itu Muhammadiyah mengantisipasinya melalui hal-hal baru yang kompatibel dengan perubahan zaman, yaitu belajar jarak jauh dengan memanfaatkan internet.

Belajar melalui media daring merupakan solusi bagi masyarakat yang kesulitan waktu dan biaya. Meskipun demikian, perkuliahan yang dilakukan tetap mengadakan tatap muka secara langsung, akan tetapi intensitasnya tidak sesering kuliah-kuliah konvensional.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini